Analisis Penerapan Prinsip–prinsip Good Corporate Governance Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada UKM Restoran/Rumah Makan/Kafe di Daerah Cikupa Tangerang)

Authors

    Veronica Yonita( 1 ) Rina Aprilyanti( 2 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.454

Keywords:


Good corporate governance, Transparency, Accountability, Responsibility, Independency

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pelaksanaan good corporate governance pada usaha kecil dan menengah khususnya pada usaha restoran/rumah makan/kafe. Dari kajian tersebut diambil lima faktor, yaitu penerapan prinsip transparency, penerapan prinsip accountability, penerapan prinsip responsibility, penerapan prinsip independency, dan penerapan prinsip fairness. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey penyebaran kuesioner kepada para pemilik usaha restoran/rumah makan/kafe yang berada di wilayah Cikupa Tangerang yang diuji dengan pengujian asumsi klasik, metode analisis data serta analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan program SPSS (Statiscal Product and Service Solution) versi 23. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: (1) Penerapan Prinsip Transparency berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance Pada UKM. (2) Penerapan Prinsip Accountability berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance Pada UKM. (3) Penerapan Prinsip Responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance Pada UKM. (4) Penerapan Prinsip Independency tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance Pada UKM. (5) Penerapan Prinsip Fairness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance Pada UKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-24

How to Cite

Yonita, V., & Aprilyanti, R. (2022). Analisis Penerapan Prinsip–prinsip Good Corporate Governance Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada UKM Restoran/Rumah Makan/Kafe di Daerah Cikupa Tangerang). ECo-Fin, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.454

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.454
Abstract views: 534 / PDF downloads: 786

Most read articles by the same author(s)