Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKM (Studi Kasus di Rumah Makan Daerah Pasar Lama Tangerang)

Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKM (Studi Kasus di Rumah Makan Daerah Pasar Lama Tangerang)

Authors

  • Tiffanny Willienty Universitas Buddhi Dharma
  • Jenni Jenni Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.32877/ef.v3i3.413

Keywords:

Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sanksi Pajak Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku UMKM, UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKM di Rumah Makan Daerah Pasar Lama Tangerang. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 100 responden. Metodeanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konstruk pengaruh motivasi, pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak secara simultan mampu menjelaskan konstruk kepatuhan wajib pajak sebesar 40,2%, sisanya 59,8% diterangkan oleh konstruk lain yang tidak dihipotesiskan dalam model. Berdasarkan Hasil pengujian di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi wajib pajak orang pribadi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, Pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-10

How to Cite

Willienty, T., & Jenni, J. (2021). Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKM (Studi Kasus di Rumah Makan Daerah Pasar Lama Tangerang). ECo-Fin, 3(3), 310–319. https://doi.org/10.32877/ef.v3i3.413

Issue

Section

Articles
Abstract views: 50 / PDF downloads: 29
Loading...