Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, dan Penempatan Tenaga Pendidik Terhadap Kinerja Melalui Komitmen Organisasi di Institusi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v7i1.2143
Keywords:
Training, Competence, Placement, Organizational Commitment, Performance
Abstract
Analisis ini mengkaji bagaimana program pelatihan, tingkat kompetensi, dan sistem penempatan tenaga pendidik berkontribusi terhadap peningkatan kinerja mereka, dengan komitmen organisasi berperan sebagai variabel perantara dalam hubungan tersebut. di institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Perkumpulan Boen Tek Bio. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 150 tenaga pendidik di Universitas Buddhi Dharma dan institusi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan, kompetensi, dan penempatan tenaga pendidik memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kinerja tenaga pendidik melalui komitmen organisasi. Pelatihan yang efektif dapat meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, yang selanjutnya berkontribusi pada peningkatan kinerja. Penempatan tenaga pendidik yang tepat juga berperan penting dalam meningkatkan kinerja mereka. Komitmen organisasi terbukti memainkan peran sebagai penguat dalam hubungan antara pelatihan, kompetensi, penempatan, dan kinerja. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan wawasan strategis mengenai pentingnya pengoptimalan program pelatihan, pengembangan kompetensi, dan penempatan tenaga pendidik yang disertai dengan peningkatan komitmen organisasi untuk mencapai kinerja yang optimal. Temuan ini diharapkan menjadi panduan bagi manajemen institusi pendidikan dalam penyusunan kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kinerja pendidikan secara keseluruhan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rudy Kurnia, Nana Sutisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.