Kinerja Guru dan Faktor Yang Mempengaruhinya (Studi pada Guru MTs Riyadlotut Thalabah)
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v7i1.1804
Keywords:
Budaya Organisasi, Motivasi, Kepuasa Kerja, Kinerja Guru
Abstract
Guru merupakan poin utama yang dibutuhkan oleh intansi pendidikan untuk menciptakan sumber daya yang unggul dan prestasi. Lembaga pendidikan mampu mencapai visi dan misi dengan adanya kinerja guru didalamnya. Studi ini dilakukan guna memaparkan dampak dari budaya organisasi, motivasi kerja serta kepuasan kerja pada kinerja guru MTs Riyadlotut Thalabah Rembang. Kegiatan ini melibatkan 57 guru MTs Riyadlotut Thalabah Rembang. Sampel jenuh digunakan dalam proses pengambilan sampel. Analisis data dengan analisis regresi linier berganda dilaksanakan dengan statistik IBM SPSS. Studi ini menghasilkan temuan dimana kepuasan kerja secara parsial berdampak tidak signifikan pada kinerja guru MTs Riyadlotut Thalabah Rembang, tetapi variabel budaya organisasi dan motivasi kerja berdampak positif secara signifikan. Hasil koefisien determinasi memperlihatkan dimana variabel budaya organisasi, motivasi kerja, dan kepuasan kerja dapat bertanggung jawab atas 71,3% variabel kinerja guru. Determinan lain di luar model studi ini bertanggung jawab atas 28,7% variabel kinerja guru. Dengan adanya temuan ini diharapkan dapat memberi perhatian khusus bagi sekolah untuk mempertimbangan perencanaan manajemen yang baik untuk mencapai tujuan sekolah melalui kinerja guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh Yusron, Ming Ming Lukiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.