Pengaruh Sikap dan Motivasi Pada Minat Beli di Tiktok Shop

Authors

    Kortun Nada Rahmania( 1 ) Sri Ernawati( 2 ) Muh. Badar( 3 )

    (1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)Bima
    (2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)Bima
    (3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)Bima

DOI:


https://doi.org/10.32877/ef.v6i2.1413

Keywords:


Sikap, Motivasi, Minat Beli, Tiktok Shop, eCommerce

Abstract

Riset ini ditujukan untuk menilai sikap dan motivasi pada minat beli konsumen di TikTok Shop di Kota Bima. Media internet semakin sering digunakan oleh pelaku usaha dan bisnis karena efisiensinya, termasuk platform e-commerce seperti TikTok Shop. Namun, meskipun TikTok Shop menawarkan banyak kemudahan, beberapa konsumen di Kota Bima mengeluhkan ketidakpuasan terhadap produk yang diterima dan kurangnya garansi pengembalian dana. Melalui pendekatan asosiatif untuk menguji hubungan antara sikap dan motivasi dengan minat beli. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dari responden yang pernah berbelanja di TikTok Shop. Teknik purposive sampling dipilih untuk menentukan sampel, dengan 96 responden yang valid. Riset menemukan bahwa sikap berdampak signifikan pada minat beli, dengan nilai t-hitung 2,115 dan signifikansi 0,037. Motivasi juga berdampak signifikan pada minat beli, dengan nilai t-hitung 6,343 dan signifikansi 0,000. Secara simultan, sikap dan motivasi bersama-sama berdampak signifikan pada minat beli, yang ditunjukkan oleh nilai F-hitung 59,391 dan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi memperlihatkan bahwa 56,1% variasi dalam minat beli dapat dijelaskan oleh sikap dan motivasi, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan yaotu bahwa sikap dan motivasi konsumen berperan penting dalam menentukan minat beli di TikTok Shop. Oleh karena itu, TikTok Shop di Kota Bima disarankan untuk meningkatkan aspek-aspek yang mendukung sikap dan motivasi konsumen guna menarik minat beli yang lebih tinggi. Penelitian ini juga merekomendasikan agar penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain seperti harga dan lokasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-10

How to Cite

Rahmania, K. N., Ernawati, S., & Badar, M. (2024). Pengaruh Sikap dan Motivasi Pada Minat Beli di Tiktok Shop. ECo-Fin, 6(2), 331–340. https://doi.org/10.32877/ef.v6i2.1413

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/ef.v6i2.1413
Abstract views: 269 / PDF downloads: 217