Harga, Kualitas Produk, dan Promosi dikaitkan Kepuasan Pengguna Rokok Sampoerna di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v6i2.1306
Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Konsumen
Abstract
Eksplorasi pada tulisan ini bertujuan mendeteksi implikasi harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan masyarakat pengguna rokok Sampoerna di Jakarta. Jakarta sebagai kota besar dengan segala kegiatan yang padat sangat menarik untuk dilakukan penelitian tentang rokok. Menariknya karena Jakarta yang terbagi kota administratif mempunyai letak geografis yang berbeda. Ada daerah yang berdekatan dengan laut seperti Jakarta Utara yang bersuhu lebih panas dengan daerah yang jauh dari laut yakni Jakarta Selatan bersuhu lebih sejuk. Tingkat cuaca sangat mempengaruhi intensitas perokok, dimana jika cuaca lebih dingin dorongan untuk menghisap rokok lebih besar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasi untuk menggambarkan pengaruh variabel prediktor terhadap variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di Jakarta pada bulan September sampai Februari 2024 dengan sampel sebanyak 196 orang dengan bercirikan laki-laki pengguna rokok Sampoerna berusia 18 tahun sampai 40 tahun. Alasan memilih sampel pada usia tersebut diatas adalah karena hasil pengamatan penulis sehari-hari, rentang usia itulah yang paling aktif merokok. Teknik penentuan sampel digunakan rumus Lemeshow yakni untuk jumlah populasi yang tidak diketahui dan analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 26. Hasil penelitian diperoleh variabel harga hanya 12.9%, variabel, kualitas produk berpengaruh 45.8% dan variabel promosi berpengaruh 36.1% terhadap kepuasan pembeli rokok Sampoerna di Jakarta.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rodeyar Pasaribu, Parel SM Naibaho, Linda Lidyawati, Yannes Manurung, Raston Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.