Analisis Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Tunas Palapa

Authors

    Mutmainah Mutmainah( 1 ) Miswan Gumanti( 2 ) Yolla Zelika Desastra( 3 ) Evi Novitasari( 4 )

    (1) Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Tunas Palapa Tulang Bawang Barat
    (2) Institut Bakti Nusantara Lampung
    (3) Institut Bakti Nusantara Lampung
    (4) Institut Bakti Nusantara Lampung

DOI:


https://doi.org/10.32877/ef.v6i1.1158

Keywords:


Kualitas Layanan, Akademik, Perguruan Tinggi, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Pertambahan kapsitas jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun pada perguruan tinggi dapat memicu permasalahan yang dinamis khususnya pada layanan akademik, sehingga dapat menimbulkan ketidak puasan mahasiswa terhadap pelayanan prima yang diberikan. Faktor kepuasan menjadi hal yang penting pada lembaga pendidikan perguruan tinggi, kepuasan atau ketidakpuasan mahasiswa berpengaruh penting pada pola perilaku. Sebuah perguruan tinggi yang memberikan satisfaction excellent pada akhirnya mahasiswa akan memberikan referensi kepada orang lain yang dapat memberi dampak positif kepada perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Tunas Palapa. Metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa STES tahun akademik 2020 sampai dengan 2023. Pengambilam sampel menggunakan metode Slovin diperoleh total sampel adalah 83 responden. Data pada penelitian menggunakan kuisioner dengan analisis teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa STES Tunas Palapa secara bersama membuktikan hubungan erat dan dibuktikan bahwa dengan ini secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa STES Tunas Palapa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-10

How to Cite

Mutmainah, M., Gumanti, M., Desastra, Y. Z., & Novitasari, E. (2024). Analisis Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Tunas Palapa. ECo-Fin, 6(1), 95–101. https://doi.org/10.32877/ef.v6i1.1158

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/ef.v6i1.1158
Abstract views: 84 / PDF downloads: 45