Analisis Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Tunas Palapa
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v6i1.1158
Keywords:
Kualitas Layanan, Akademik, Perguruan Tinggi, Kepuasan Mahasiswa
Abstract
Pertambahan kapsitas jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun pada perguruan tinggi dapat memicu permasalahan yang dinamis khususnya pada layanan akademik, sehingga dapat menimbulkan ketidak puasan mahasiswa terhadap pelayanan prima yang diberikan. Faktor kepuasan menjadi hal yang penting pada lembaga pendidikan perguruan tinggi, kepuasan atau ketidakpuasan mahasiswa berpengaruh penting pada pola perilaku. Sebuah perguruan tinggi yang memberikan satisfaction excellent pada akhirnya mahasiswa akan memberikan referensi kepada orang lain yang dapat memberi dampak positif kepada perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Tunas Palapa. Metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa STES tahun akademik 2020 sampai dengan 2023. Pengambilam sampel menggunakan metode Slovin diperoleh total sampel adalah 83 responden. Data pada penelitian menggunakan kuisioner dengan analisis teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa STES Tunas Palapa secara bersama membuktikan hubungan erat dan dibuktikan bahwa dengan ini secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa STES Tunas Palapa
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.