Kualitas Pelayanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Prabumulih

Authors

    Salmah Salmah( 1 ) Rafidah Rafidah( 2 ) Rabiyatul Alawiyah( 3 )

    (1) UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
    (2) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin
    (3) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.910

Keywords:


Kualitas Pelayanan, Penanganan Keluhan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Nasabah bank adalah objek yang menjadi rebutan banyak bank milik pemerintah maupun negri di Indonesia. Persaingan yang kuat mengharus bank memiliki unsur pelayanan yang baik agar mampu bersaing dan menjadi unggul guna memenuhi kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan penanganan keluhan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Prabumulih yaitu berjumlah 4904 nasabah dengan sampel berjumlah 100 nasabah dihitung dengan rumus slovin yang diambil secara acak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan analisis program SPSS Versi 29. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sebesar 4.448>1.984 dan nilai signifikan 0.01<0.05. Pda variabel penanganan keluhan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sebesar 1.383<1.984 dan nilai signifikan 0.01<0.05.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-10

How to Cite

Salmah, S., Rafidah, R., & Alawiyah, R. (2023). Kualitas Pelayanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Prabumulih . ECo-Buss, 6(2), 697–707. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.910

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.910
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.910
Abstract views: 285 / PDF downloads: 339