Analisa Analisa Konjoin : Upaya Stimulus Konsumen Untuk Mengkonsumsi Cemilan Franchaise Makanan Jagung Daily Fresh “Lapak Cinsong” Di Vihara Dhamma Bhakti, Jawaringan, Kab-Tangerang

Authors

    Sonny Santosa( 1 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v2i1.88

Keywords:


analisis konjoin, atribut produk, preferensi pembelian

Abstract

Sudah menjadi salah satu tugas sebagai pengajar Studi Kelayakan Bisnis untuk turut memberikan sebuah rekomendasi yang bersifat alternatif bagi mereka yang baru akan/telah memulai usahanya, tanpa perencanaan dan kajian (studi) kelayakan yang baik, maka suatu usaha dapat dipastikan akan sia-sia atau merugi, padahal salah satu tujuan perusahaan/usaha didirikan ialah untuk mendapatkan keuntungan/profit. Sebuah penilaian layak/tidaknya suatu usaha/bisnis tidak hanya dilakukan sejak munculnya ide/gagasan, tetapi juga bagaimana cara menganalisis ide/gagasan yang dikaitkan dengan peluang pasar sasaran sehingga dapat ditarik satu keyakinan yang mantap bahwa ide/gagasan bisnis yang akan dijalankan tergolong rasional dari sudut pemasaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk memberikan sebuah upaya stimulus konsumen untuk mengkonsumsi cemilan franchaise makanan jagung daily fresh “lapak cinsong” di Vihara Dhamma Bhakti, Jawaringan, Kab. Tangerang, Analisa konjoin dianggap tepat oleh peneliti untuk melihat hasil pengolahan dari survei awal pada atribut produk di “lapak cinsong”. Ada tiga jenis atribut rasa yang diuji dalam penelitian ini yaitu atribut rasa keju, coklat, pedas. Kemudian atribut harga dengan tingkatan Rp. 2.000, Rp.3.500 dan Rp. 5.000. terakhir atribut cup dengan tingkatan 120 ml, 160 ml, dan 220 ml. berdasarkan hasil analisis konjoin didapat kesimpulan bahwa responden lebih menyukai rasa pedas dengan nilai utility sebesar 0,255 dengan model analisis conjoin ri = -0,299x11 + 0,043x12 + 0,255x13 – 0,111x21 – 0,222x22 – 0,333x23 – 0,091x31 – 0,182x32 – 0,273x33 + 11,404 tetapi tidak minat untuk mengkonsumsi cemilan franchaise makanan jagung daily fresh “lapak cinsong” di Vihara Dhamma Bhakti hal ini berdasarkan pada hasil uji korelasi Pearson’s R dan Kendall’s tau 0,190 dan 0,464 (diatas 0,05), hal ini menandakan bahwa responden lebih menyukai cemilan variasi lainnya dibandingkan dengan hanya cemilan jagung yang hanya memiliki 3 varian rasa saja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-10-17

How to Cite

Santosa, S. (2019). Analisa Analisa Konjoin : Upaya Stimulus Konsumen Untuk Mengkonsumsi Cemilan Franchaise Makanan Jagung Daily Fresh “Lapak Cinsong” Di Vihara Dhamma Bhakti, Jawaringan, Kab-Tangerang. ECo-Buss, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.32877/eb.v2i1.88
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v2i1.88
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v2i1.88
Abstract views: 373 / PDF downloads: 478