Peran Kewirausahaan dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Prespektif Ekonomi Syariah di Kabupaten Pringsewu

Authors

    Dedi Irawan( 1 ) Rahma Karlinda( 2 )

    (1) STIT Pringsewu Lampung
    (2) STMIK Surya Intan Lampung Utara

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.665

Keywords:


Entrepreneurship, E-Commerce, Business Ethics, UMKM

Abstract

Studi ini bermaksud menilai  bagaimana peranan kewirausahaan dalam etika bisnis dan perdagangan elektronik mempengaruhi pertumbuhan UMKM perspektif Islam di Kabupaten Pringsewu. Dipilih deskriptif kualitatif guna memahami kondisi subjek sesuai kenyataan di lapangan. Teknik purposive sampling untuk memperhitungkan penetapan sampel dari sumber data tertentu. Hasil studi memperlihatkan sebagian besar informan mengetahui peran etika bisnis Islam yaitu nilai-nilai Islam dalam konsep kewirausahaan dan ciri-ciri kewirausahaan, serta telah menerapkannya dalam bisnis mereka. Mayoritas informan telah memanfaatkan platform e-commerce seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, namun masih ada beberapa informan yang tidak memanfaatkannya karena lebih fokus pada sistem ofline

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, Hendri Hermawan, “Norma dan Nilai dalam Ilmu Ekonomi Islam”, Jurnal Media Ekonomi dan Teknologi Informasi, Vol.21, No.1, 2013

Agus, Bustanuddin, (2006).Islam dan Ekonomi, Padang: Andalas University Press;

Annisa, D.K, “Transaksi E-Commerce Dalam Perspektif Islam”, El Barka: Journal of Islamic Economic and Business, Vol 02, No. 01 Januari – Juni 2019.

Badroen, Faisal, dkk., Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana, 2007

Faulidi, Haris. Transaksi Bisnis Ecommerce, Yogyakarta : MagistraInsani, 2004

Kartika D.S dan Firiyani “Peran Kewirausahaan dan E-Commerce Terhadap Perkembagnan Usaha Mikro, Kecil dan Menenangh (UMKM) Dalam Prespektif Islam”. EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi/. Vol5 No 2 Desember 2020. DOI: https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.53

Kokom K. “Peran Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam,Vol. 8, No. 03 2022.

Laudon, Kenneth C. & Laudon, Jane P. (2014). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

-------, (2004) Tafsir al-Mishdah: Pesan, Kesan dan Keseraian Al-Qur’an, cet. 2, Jakarta: Lentera Hati, vol.11

Mahmudah M, M. “Social Entrepreneurship Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah”, “El-Iqtishady “ Vol 2, No 2, Desember 2020 DOI: https://doi.org/10.24252/el-iqthisadi.v2i2.18352

Mardani, (2012). Fiqh Ekonomi Syariah, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

M.Hizbullah, H, dan Juharinal M, “Kewirausahaan Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam” AS-Syirkah: ISlamic EconomiCS & Finacial JoURnal, Vol. 1 No. 2. 2022 DOI: https://doi.org/10.56672/syirkah.v1i2.27

Miftachul J, Nur Imi F dan Nur Lailatul M. “Kewirausahaan Dalam Presepektif Syariah” . Jurnal Hukum Bisnis Islam, Vol 8, No 1, Juni 2018

Mursal. “Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah : Alternatif Mewujudkan Kesejahteraan Berkeadilan”. Jurnal Prespektif Ekonomi Darusassalam. Vol. 1. No.1, Maret 2015. DOI: https://doi.org/10.24815/jped.v1i1.6521

Prasetyani, Dwi (2020) Kewirasuahaan Islami, Surakarta : Djiwa Amarta Press.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), (2014).Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Press

RidHa, Muhammad Rasyid, (1928).Tafsir al-Quran al-Karim, Mesir: Maktabat al-Manar,, Juz 10

Rina D dan Noni A. “Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam”. Al-Intaz”. Vol. 3, No.1, Maret 2017

Sandra. A. dan Ahmad. L, “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19” Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol. 9 (2) 2020 DOI: https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100

Shihab, M. Quraish, (2009).Wawasan al-Quran, cet. 13, Bandung, Mizan.

Syahidah, R. “Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Islam Dalam Bisnis”, Ar-Ribh: Jurnal Ekonomi Islam, Vol.3 No. 2 Oktober 2020 DOI: https://doi.org/10.26618/jei.v3i2.4253

Undang-Undang Republik Indonesia No.20, Definisi UMKM. 2008.

Zainul, Norazlina dkk. “E-Commerce from an Islamic Perpective.” dalam Electronic Commerce Reasearch and Application. 2004: 283-290.

Published

2023-04-10

How to Cite

Irawan, D., & Karlinda, R. (2023). Peran Kewirausahaan dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Prespektif Ekonomi Syariah di Kabupaten Pringsewu . ECo-Buss, 5(3), 1035–1044. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.665

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.665
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.665
Abstract views: 503 / PDF downloads: 796