Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom

Authors

    Candra Wijayangka( 1 ) Budi Rustandi Kartawinata( 2 ) Bagus Novrianto( 3 )

    (1) Universitas Telkom
    (2) Universitas Telkom
    (3) Universitas Telkom

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v1i2.34

Keywords:


Motivasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha, Wirausaha

Abstract

Minat berwirausaha merupakan pemusatan perhatian pada wirausaha karena adanya rasa suka dan disertai keinginan mempelajari, mengetahui dan membuktikan lebih lanjut terhadap wirausaha. Minat berwirausaha muncul karena adanya pengetahuan dan informasi mengenai kewirausahaan yang kemudian dilanjutkan untuk berpartisipasi secara langsung dalam rangka mencari pengalaman dan akhirnya timbul keinginan untuk memperhatikan pengalaman yang telah didapatkan tersebut. Serta mempunyai perasaan senang dan mempunyai keinginan untuk terlibat dalam kegiatan pengambilan resiko, untuk menjalankan bisnis atau usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang bisnis yang ada, dan menciptakan bisnis baru dengan pendekatan inovatif.Salah satu faktor yang mempengaruhi timbulnya Minat Berwirausaha adalah Motivasi Berwirausaha.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausahapada  mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2015 Universitas Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah 74 mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2015 Universitas Telkom dengan  metode pengambilansampel yaitu sampel jenuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap Motivasi Berwirausahadalam kategori baik dengan skor 79,0%. Dan tanggapan responden terhadap Minat Berwirausaha dalam kategoribaik dengan skor 80,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah Motivasi Berwirausahaberpengaruh  dan signifikan secara positif  terhadap Minat Berwirausahadengan skor 43,5%. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa dengan meningkatnya Motivasi Berwirusaha pada mahasiswaakan berpengaruh untuk meningkatkan Minat Berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-18

How to Cite

Wijayangka, C., Kartawinata, B. R., & Novrianto, B. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. ECo-Buss, 1(2), 8–14. https://doi.org/10.32877/eb.v1i2.34
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v1i2.34
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v1i2.34
Abstract views: 2228 / PDF downloads: 3704