Pengaruh Social Media, Price Discount dan E-Money Terhadap Impulse Buying pada Roempi Coffee Gerai BCS Mall Kota Batam

Authors

    Erna Lim( 1 ) David Humala Humala Sitorus( 2 )

    (1) Universitas Putera Batam
    (2) Universitas Putera Batam

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.308

Keywords:


Media Sosial, Potongan Harga, Uang Elektronik, Pembelian Impulsif

Abstract

Suatu usaha ritel pasti memiliki karakteristik khusus seperti misalnya, transaksi pada penjualannya memiliki rata-rata jumlah yang kecil dan juga para konsumennya dapat terpikat atau juga tertarik dengan melakukan kegiatan pembelian yang sama sekali tidak direncanakan mereka. Para pengusaha bisnis ritel berusaha dalam mempertahankan bisnis mereka dengan berbagai upaya besar-besaran seperti dengan menggunakan bantuan seperti melakukan promosi pemotongan harga (Price Discount) dengan aplikasi yang menggunakan E-Money dan juga menggunakan media sosial (Social Media) dalam hal untuk diketahui masyarakat kegiatan promosi dari gerai bisnis tertentu. Penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner dalam bentuk google form. Populasi penelitian ini memiliki jumlah 133 responden yang pernah maupun tidak pernah melakukan pembelian pada Roempi coffee. Penelitian pada sampel ini dengan teknik convenience sampling dan melakukan pengujian data dengan alat pengolah data SPSS 25. Hasil penelitian ini memiliki hasil bahwa media sosial, potongan harga dan uang elektronik memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif pada Roempi Coffee gerai BCS Mall Kota Batam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 6681, 429–430. DOI: https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.65

Haironi, M. (2018). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Produk Obat Nyamuk Hit Di Pamella Swalayan Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(3), 115–126.

Hamdat, A., Arfah, Kusuma, A. M., Cahya, B. T., Sri, D., Sriwardiningsih, E., Astri, F., Salam, K. N., Islamiah, M. H., Mandey, N. H. J., Leni, P., Nabila, R., & Dwita, V. (2021). buku Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen?: Prinsip Dasar, Strategi dan Implementasi (GCAINDO (ed.); Issue September 2020). Diandra Kreatif/Mirra Buana Media.

Hikmawati. (2017). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Jain, T. (2021). Factor Affecting Impulse Buying Behavior. 42(01), 4–6.

Khairi, M. R., & Gunawan, E. (2019). Analisis Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan E-Money Terhadap Konsumsi Masyarakat di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1), 19–36.

Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksiperneur, 7(2), 129–140. DOI: https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362

Maulidiyah, S. N., & Santoso, E. B. (2019). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Business Center Sophie Paris Kota Batu). Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1).

Noor, Z. Z. (2020). the Effect of Price Discount and in-Store Display on Impulse Buying. Sosiohumaniora, 22(2), 133–139. DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.26720

Oktaviani, N., Astuti, W., & Firdiansjah, A. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Pembentukan Komitmen Pelanggan Dan E-Wom Pada Pengguna Aplikasi E-Money “OVO.” Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 93. DOI: https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3757

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Social Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.

Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Media Sosial, Word Of Mouth Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawab Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 12–17. DOI: https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185

Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan Antara Self Control Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa. 9(888), 271–279.

Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 32(1), 134. DOI: https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431

Wahyudi, S. (2017). Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying. Jurnal Valuta, 3.

Published

2022-01-08

How to Cite

Lim, E., & Sitorus, D. H. H. (2022). Pengaruh Social Media, Price Discount dan E-Money Terhadap Impulse Buying pada Roempi Coffee Gerai BCS Mall Kota Batam. ECo-Buss, 5(1), 37–48. https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.308

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.308
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.308
Abstract views: 253 / PDF downloads: 231