Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Minat Nasabah Pada Simpanan Berjangka Di Pt Bpr Magga Jaya Utama
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.242
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Minat Nasabah
Abstract
Penelitian dilakukan terhadap 100 nasabah pada PT BPR Magga Jaya Utama, melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan metode deskriptif, dimana metode ini menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktor-faktor yang diteliti. Berdasarkan jawaban kuesioner tersebut didapat data-data yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 21 sehingga menjadi data yang berguna dalam penelitian ini.
Selain menghitung keterkaitan variabel independen dengan variabel dependen dari masing-masing variabel, pada penelitian ini didapat hubungan antar variabel. Korelasi antara kualitas pelayanan dengan minat nasabah sebesar 0,784, korelasi antara kepercayaan dengan minat nasabah sebesar 0,846, maka dapat dikatakan hubungan ketiga variabel adalah cukup kuat dan positif. Dari hasil uji F model 1 didapat nilai 156,192 dan model 2 dapat dinilai 122,111, dimana nilai Ftabel lebih kecil dari nilai Fhitung, yakni nilai didapat Ftabel sebesar 3,09, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.
Pada uji T didapat hasil thitung kualitas pelayanan sebesar 8,588, dan thitung kepercayaan sebesar 5,878, jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,660, maka terdapat hubungan yang signifikan antara minat nasabah terhadap kualitas pelayanan dan kepercayaan yang diberikan