Content Diagnosticity dan Vicarious Expression dalam Memediasi Pengaruh Source Dynamism terhadap Purchase Intention pada Live Streaming Affiliator
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2260
Abstract
Pada era transformasi digital, sejumlah marketplace telah menyediakan fitur live streaming sebagai strategi pemasaran inovatif. Kemunculan affiliator juga turut menambah keberagaman dalam live streaming pada marketplace. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi bagaimana source dynamism dalam affiliator live streaming berpengaruh terhadap purchase intention, dengan content diagnosticity dan vicarious expression sebagai mediasi. Untuk mengetahui pengaruh tersebut maka dilakukan survei mempergunakan kuesioner yang disebarkan pada 100 responden. Penentuan sampling di penelitian ini mempergunakan teknik purposive sampling, sehingga terdapat kriteria yang harus dipenuhi agar menjadi responden di penelitian ini. Adapun kriterianya ialah orang-orang yang pernah menonton affiliator live streaming pada salah satu platform marketplace dan memiliki niat pembelian melalui affiliator live streaming. Teknik analisis data dilaksanakan melalui Partial Least Square (PLS) mempergunakan softaware SmartPLS. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya source dynamism berpengaruh baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadap purchase intention yang dimediasi content diagnosticity. Namun, hubungan tidak langsung antara source dynamism terhadap purchase intention melalui vicarious expression serta hubungan langsung vicarious expression terhadap purchase intention ditemukan tidak signifikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shafa' Annisa Puspasari, Ita Prihatining Wilujeng, Ely Siswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.