Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan Kerja, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Swasta dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderasi

Authors

    Evien( 1 ) Agustinus Priyowidodo( 2 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, pelatihan kerja, dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru swasta di Kota Tangerang dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 310 guru swasta di Kota Tangerang. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh lingkungan kerja, pelatihan kerja, dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru serta peran motivasi kerja dalam memoderasi hubungan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja, pelatihan kerja, dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, yang berarti peningkatan kualitas lingkungan kerja, pelatihan yang relevan, dan kecerdasan emosional yang baik dapat meningkatkan kinerja guru. Namun, motivasi kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja guru, di mana motivasi yang terlalu tinggi dapat menurunkan efektivitas kerja guru karena menyebabkan stres. Selain itu, motivasi kerja juga memoderasi hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan kinerja guru. Motivasi kerja yang berlebihan dapat melemahkan pengaruh positif lingkungan kerja terhadap kinerja guru, tetapi memperkuat hubungan antara pelatihan kerja dan kinerja guru. Penelitian ini menyarankan pihak sekolah meningkatkan kualitas lingkungan kerja, memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, dan mengelola motivasi kerja dengan baik agar dapat memaksimalkan kinerja guru, menghindari stres, serta menjaga kesejahteraan guru secara keseluruhan.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Evien, & Priyowidodo, A. (2025). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan Kerja, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Swasta dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderasi. ECo-Buss, 7(3), 1984–1998. https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2199
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2199
Abstract views: 27 / PDF downloads: 36