Peran Reputasi Perusahaan Melalui Employer Branding dan Penggunaan Media Sosial Linkedin Dalam Meningkatkan Minat Melamar Pekerjaan pada Fresh Graduate
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2172
Keywords:
Minat Melamar Pekerjaan, Employer Branding, Penggunaan Media Sosial Linkedin, Reputasi Perusahaan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran employer branding dan penggunaan media sosial linkedin terhadap minat fresh graduate dalam melamar pekerjaan di perusahaan BUMN di Semarang, dengan reputasi perusahaan sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan ukuran sampel sebanyak 126 responden fresh graduate di Semarang. Data dikumpulkan melalui kuesioner online menggunakan Google Form dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel employer branding, penggunaan media sosial linkedin, dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh secara langsung terhadap minat melamar pekerjaan. Variabel employer branding dan penggunaan media sosial linkedin juga memiliki pengaruh secara langsung terhadap reputasi perusahaan. Serta reputasi perusahaan mampu memediasi antara variabel employer branding terhadap minat melamar pekerjaan, namun tidak dapat memediasi variabel penggunaan media sosial linkedin dengan minat melamar pekerjaan. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan dalam meningkatkan daya tarik di pasar tenaga kerja, serta menawarkan wawasan baru bagi pengembangan manajemen sumber daya manusia.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Suci Hapsari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.