Pengaruh Layanan Pembayaran Via Mobile Banking di E-Commerce terhadap Minat Beli Masyarakat Kec. Awangapone

Authors

    Yuyun Harianti( 1 ) Andi Patimbangi( 2 ) Muhammad Ardi( 3 )

    (1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
    (2) Institut Agama Islam Negeri Bone
    (3) Institut Agama Islam Negeri Bone

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2141

Abstract

Lebih banyak orang yang suka berbelanja online karena kemudahan menggunakan mobile banking dan e-commerce kala ini. Memiliki tujuan untuk memahami pengaruh layanan pembayaran via mobile banking di e-commerce terhadap minat beli masyarakat. Populasi  masyarakat kec. Awangpone, sampel diambil 100 orang responden serta teknik random sampling. Perangkat IBM SPSS Statistic 25 dimanfaatkan dalam analisis data. Temuan yang diperoleh membuktikan (1) mobile banking memiliki dampak berarti  terhadap minat beli masyarakat. Kec. Awangpone merupakan objek kajian ini. Mobile banking. Diperoleh nilai thitung 8,675 lebih besar dari ttabel 1,660, sehingga thitung > ttabel. Selain itu, nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Karena variabel mobile banking bepengaruh signifikan terhadap minat beli. R2 0,434 atau 43,4%, disimpulkan penelitian ini dapat menggambarkan sebesar 43,4% ide yang terjadi pada variabel dependen. Variabel independen yang digunakan memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel dependen 43,4%. Karena nilai koefisien determinasi (R2) masih jauh dari angka 1, hubungan variabel bebas dan variabel terikat berpengaruh sedang.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Yuyun Harianti, Patimbangi, A., & Ardi, M. (2025). Pengaruh Layanan Pembayaran Via Mobile Banking di E-Commerce terhadap Minat Beli Masyarakat Kec. Awangapone . ECo-Buss, 7(3), 2014–2025. https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2141
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2141
Abstract views: 27 / PDF downloads: 21