Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening (Studi empiris pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2019)

Authors

    Selfiyan Selfiyan( 1 )

    (1) Universitas Budi Luhur

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v4i1.213

Keywords:


Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba, Perusahaan

Abstract

Kajian ini bermaksud guna menguji dampak Profitabilitas dengan proxy ROE serta NPM, Leverage diproksikan DER dan DAR, Ukuran Perusahaan Penjualan dan Asset pada nilai perusahaan pada perusahaan-perusahaan makanan dan minuman yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Tidak hanya itu, kajian ini membuktikan apakah Manajemen Laba. Selain itu kajian ini juga menguji apakah Manajemen laba riil dengan proksi ROE dan NPM mampu memediasi kaitan antara variable indepeden terhadap variable dependen.

Kajian ini adalah kajian kuantitatif dengan metode deksriptif. Populasi pada kajian ini yaitu perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, dimana menggunakan metode  purposive sampling didalm menentukan sample. Data yang dipergunakan pada kajian ini adalah data sekunder yang diunduh lewat website www.idx.co.id. Metode statistik pengujian hipotesis yaitu Partial Least Square.

Hasil analisa linier berganda membuktikan bahwa Profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, Leverage tak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, profitabilitas tak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, manajemen laba tak bisa memediasi profitabilitas terhadap nilai perusahaan, manajemen laba tak bisa memediasi leverage terhadap nilai perusahaan dan manejemen laba tidak bisa memediasiukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-08-25

How to Cite

Selfiyan, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening (Studi empiris pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2019). ECo-Buss, 4(1), 10–28. https://doi.org/10.32877/eb.v4i1.213
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v4i1.213
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v4i1.213
Abstract views: 787 / PDF downloads: 741