Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang (Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack)

Authors

    Gregorius Widiyanto( 1 ) Heri Satrianto( 2 ) Fx. Pudjo Pudjo Wibowo( 3 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma
    (3) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.208

Keywords:


Inovasi Produk, Harga, Promosi dan Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat

Abstract

Untuk mengetahui seberapa besar baik /sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara variabel bebas (independent) (inovasi produk,harga dan promosi) berpengaruh terhadap variabel terikat (Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang). Penelitian ini dilakukan pelaku UKM makanan ringan dan snack, di Kota Tangerang, dengan menyebar kuesioner pertanyaan sedangkan sampel penelitian digunakan dengan Random Simpel Sampling Pengumpulan data dengan studi lapangan (interview, observasi, kuesioner) ditunjukkan kepada pelaku usaha kecil UMKM di Kota Tangerang dengan jumlah 100 konsumen pelaku ukm makanan ringan dan snack. Analisis data stastitik menggunakan uji realibilitas, validitas, normalitas, autokorelasi, heterokesdatisitas multikolinearitas, determinasi koefisien, uji sendiri-sendiri (uji-t) dan uji bersama-sama (uji-f) , dengan alat stastitik SPSS 25. Uji t menunjukkan variabel bebas (independent) baik sendiri-sendiri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (dependent) Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan Dan Snack dengan hasil yang diperoleh (nilai t hitung inovasi produk 7.420. >ttabel 1,966 dan tingkat signifikan 0000 < 0.05, nilai t hitung harga 3.119. >ttabel 1,966 dan tingkat signifikan.0000 < 0.05 dan nilai t hitung promosi 3.778. >ttabel 1,966 dan .0000 < 0.05). Hasil F hitung sebesar 221.640 tingkat signifikansi 0,000 maka F hitung > F tabel (221.640 > 3.09   tingkat signifikasi  0,000 <0.05, variabel bebas (independent) secara simultan nenpunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (dependent) variabel pada Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack dan nilai koefisien determinasi berganda R2 adalah 80,7 % diterangkan faktor-faktor  variabel bebas (independent) (inovasi produk, dan promosi) dan sisanya 100%-80.7% = 19,3% hasil yang diperoleh dari variabel lain tidak termasuk dari variabel  bebas (independent).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cravens, D. W., & Piercy, N. . (2012). Strategic Marketing (Tenth). McGraw-Hill/Irwin.
Dewi, N. P. M., & Utari, T. (2014). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(12), 44496.
DH, B. S. (2008). Drs. Irawan.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani, A. H., & Awatara, I. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi upgrading UMKM di Kota Surakarta. Prosiding Seminar Nasional 4th UNS SME’s Summit \& Awards, 176–183.
Hariningsih, E., & Agus Simatupang, R. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Pedagang Eceran Studi Kasus: Pedagang Kaki Lima Di Kota Yogyakarta. Jurnal Bisnis \& Manajemen, 4(2), 25–40.
Hendrik, H. (2011). Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Danau Pulau Besar dan Danau Bawah di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Propinsi Riau. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 16(01), 21–32.
Rachman, A. N., & Ramdani, C. M. S. (2016). IbM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Global Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kelom Geulis (Studi Kasus: UKM kelom geulis Tamansari Tasikmalaya). Jurnal Pengabdian Siliwangi, 2(1).
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R\&D. Alpabeta, Bandung.
Sukirno, S. (2000). Makroekonomi Modern: perkembangan pemikiran dari klasik hingga keynesian baru.

Published

2021-04-30

How to Cite

Widiyanto, G., Satrianto, H., & Wibowo, F. P. P. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang (Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack). ECo-Buss, 3(3), 120–130. https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.208

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.208
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.208
Abstract views: 2139 / PDF downloads: 1568