Pengaruh Work Life Balance dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan di PT Polychem Indonesia Tbk. (Divisi Mesin)

Authors

    Suhartini Suhartini( 1 )

    (1) Universitas Serang Raya

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.207

Keywords:


Kinerja Karyawan, Lingkungan Kerja Non Fisik, Work life balance

Abstract

Keseimbangan hidup dalam pelaksanaan pekerjaan merupakan bagian yang yang tidak boleh dipisahkan dalam mencapai kepuasan  kerja karyawan, sedangkan  kepuasan kerja salah satu bagian terpenting dalam kinerja karyawan agar tujuan perusahaan secara efektif dan efisien tercapai. Beberapa indikator  yang menjadi perhatian  pada penelitian ini yaitu keseimbangan waktu kerja,  indikator waktu yang cukup, indikator jam kerja yang cukup dan indikator kepuasan kerja, Demikian halnya indikator membentuk psikologis, indikator dapat menyeimbangkan dan indikator memiliki keseimbangan diri sendiri, terindikasi masih relatif rendah dari harapan. Pada sisi lain yangbtidak kalah penting falam penca[aian kinerja karyawan sangat dipengaruhi oleh lingkungan non fisik yakni sejauh mana para karyawan berkomunikasi, bergaul, bekerjasama, dalam lingkungan organisasi secara harmonis, apabila hal ini tidak masih belum terlaksana dengan baik maka kinerja tinggi masih jauh panggang dari api, sangat sulit dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Work life balance dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan PT Polychem Indonesia Tbk. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder.  Sampel yang digunakan adalah 40 karyawan di PT Polychem Indonesia Tbk Bojonegara Kab. Serang Banten (Divisi Mesin), merupakan sampel jenuh.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Work life balance dan Lingkungan Kerja Non Fisik dan variable terikatnya yaitu kinerja karyawan.   Metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis data, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, uji T dan uji F.  Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Work life balance dan Lingkungan Kerja Non Fisik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hasil uji F menunjukkan bahwa Work life balance dan Lingkungan Kerja Non Fisik secara bersama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hutcheson, P. G. (2012). Work Life Balance-Book 1.
Komaling, H. J., Adolfina, & Untu, V. (2016). The Influences Of Recruitment , Motivation , And Work Environment To The Employee Performance Of PT . Bank Rakyat. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 738–749.
Mangkunegara, A. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.
Maslicha, N. I. (2017). Pengaruh work-life balance dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi pada perawat RS Lavalette Malang tahun 2016). Universitas Brawijaya.
McDonald, P., & Bradley, L. M. (2005). The Case for Work-Life Balance. Hudson Global Resources (Aust.) Pty Limited.
Norianggono, Y. C. P. (2014). Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2).
Rivai, V., & Basri, A. F. M. (2005). Performance appraisal:Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan (1st ed.). Rajagrafindo Persada.
Sedarmayanti. (2007). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. In Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi, dan manajemen pegawai negeri sipil. Refika Aditama.
Siagian, S. P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi aksara.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R \& D). Alfabeta.
Suneth, M. (2012). Pengaruh Quality Of Work Life Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Sulselbar. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanudin, Makasar.

Published

2021-04-30

How to Cite

Suhartini, S. (2021). Pengaruh Work Life Balance dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan di PT Polychem Indonesia Tbk. (Divisi Mesin). ECo-Buss, 3(3), 122–131. https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.207

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.207
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.207
Abstract views: 1290 / PDF downloads: 1070