Pengaruh Cita Rasa, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan

Authors

    Elvira Andriani Poetri( 1 ) Sinthon Siahaan( 2 )

    (1) Universitas ASA Indonesia
    (2) Universitas ASA Indonesia

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1464

Keywords:


flavor, price perception, sales promotion, purchasing decision

Abstract

Mie Gacoan merupakan salah satu restoran mie terpopuler di Indonesia. Restoran ini dikenal karena menyajikan mie pedas dengan tingkat kepedasan yang dapat disesuaikan. Selain itu, faktor lain yang membuat restoran ini populer adalah harga menu makanan dan minumannya yang terjangkau, sehingga menarik bagi berbagai kalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari tentang adanya atau tidak adanya pengaruh cita rasa, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Metode yang diaplikasikan adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian sebelumnya dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara daring dengan Google Form, dan menerapkan pendekatan metode non-probability sampling dengan desain purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 100 sampel yaitu orang atau konsumen yang membeli dan memakan produk Mie Gacoan. Teknik regresi linier berganda diterapkan guna menganalisis data primer yang diproses menggunakan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil dari pengujian secara parsial memperoleh nilai variabel cita rasa berpengaruh terhadap keputusan pembelian, karena memiliki nilai  atau , sedangkan variabel persepsi harga dan keputusan pembelian dengan nilai  atau , dan promosi penjualan tidak berdamp parsial karena memiliki nilai  atau . Setelah dilakukan pengujian secara simultan diperoleh hasil nilai variabel cita rasa, persepsi harga, dan promosi penjualan berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mie Gacoan, karena memiliki nilai  25,526 > 2,70 atau  nilai signifikansi <0.05 .

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-10

How to Cite

Elvira Andriani Poetri, & Siahaan, S. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan. ECo-Buss, 7(1), 390–403. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1464

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1464
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1464
Abstract views: 364 / PDF downloads: 383