Strategi Bisnis Waralaba Rumah Makan Sambal Lalap Dalam Menjaga Citra Perusahaan

Authors

    Rizky Fauziah( 1 ) Anzu Elvia Zahara( 2 ) Nurlia Fusfita( 3 )

    (1) UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi
    (2) UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi
    (3) UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1333

Keywords:


Strategi, Rumah Makan, Bisnis, Citra Perusahaan

Abstract

Menurut temuan penelitian ini, industri restoran hadir di banyak tempat saat ini. Akibatnya, untuk bertahan dalam menghadapi meningkatnya tingkat persaingan yang ketat dan kondisi sosial yang bergeser, pemilik bisnis restoran harus terus-menerus fleksibel dan responsif. Merancang strategi dalam setiap perusahaan atau usaha penting bagi keberlangsungan usaha yang dilakukan dikarenakan strategi memiliki peran tersendiri dan memiliki andil yang cukup besar bagi kelancaran perusahaan atau usaha yang dijalankan. Oleh karena itu, dengan melakukan penelitian di rumah makan sambal lalap, peneliti dapat mengetahui seperti apa strategi bisnis waralaba rumah makan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif dan kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif  artinya data dihimpun berbentuk kata-kata atau gambar, bukan berupa angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan perusahaan sangat dipengaruhi oleh strategi. Mulai dari arsitektur strategi, trsansformasi strategi, sampai implementasi strategi. Pepatah kuno Jepang mengatakan, “Visi tanpa tindakan adalah mimpi siang hari. Tindakan tanpa visi adalah mimpi buruk”. Maka dari itu kesimpulan dari penelitian ini bahwasannya pendapat konsumen terhadap rumah makan sambal lalap dapat diketahui melalui kinerja karyawannya. Upaya rumah makan sambal lalap dalam mempertahankan image produknya dapat dilihat dari bagaimana cara seorang pemimpin mengatur perusahaannya. Beberapa prinsip syari’ah yang di terapkan oleh rumah makan sambal lalap: Prinsip Keberkahan (Barakah), Keberlanjutan, Larangan Produk Haram, Keharmonisan Dan Kesopanan, Kualitas Dan Profesionalisme. Pentingnya dalam menjaga citra perusahaan, karena sangat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaannya kelak serta menyusun strategi yang matang demi keberlangsungan perusahaan kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-10

How to Cite

Fauziah, R., Zahara, A. E., & Fusfita, N. (2024). Strategi Bisnis Waralaba Rumah Makan Sambal Lalap Dalam Menjaga Citra Perusahaan. ECo-Buss, 7(1), 239–250. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1333

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1333
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1333
Abstract views: 68 / PDF downloads: 105