Bagaimana Artificial Intelligence mengubah Lanskap Industri Kreatif

Disrupsi Artificial Intelligence dari Kacamata Praktisi Industri Kreatif

Authors

    Meiry Ramdani Anwar( 1 ) Angela Caroline( 2 ) Yoke Pribadi Kornarius( 3 ) Triningtyas Elisabeth Putri Gusti( 4 ) Agus Gunawan( 5 )

    (1) Universitas Katolik Parahyangan
    (2) Universitas Katolik Parahyangan
    (3) Universitas Katolik Parahyangan
    (4) Universitas Katolik Parahyangan
    (5) Universitas Katolik Parahyangan

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1284

Keywords:


Artificial Intelligence, General Attitude Toward Artificial Intelligence, Continuance Intention, Creative Industry

Abstract

Revolusi pada big data dan perkembangan kapasitas komputasi membawa dampak terhadap berbagai industri, termasuk pada industri kreatif. Industri kreatif mempunyai dampak yang cukup signifikan terhadap laju Produk Domestik Bruto (PDB) yang merupakan faktor yang berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini membuat industri kreatif menjadi salah satu alternatif kuat untuk membangun kerajaan bisnis maupun sebagai pilihan sektor yang menarik untuk digeluti di dunia profesional. Namun, di era digital dimana penggunaan artificial intelligence (AI) sudah semakin marak, para penggiat di industri kreatif mulai mendapat tantangannya tersendiri. Hal ini dikarenakan para penggiat di industri kreatif dihadapkan pada kenyataan bahwa teknologi dapat menjadi ancaman untuk pekerjaan mereka juga dapat menjadi alat bantu yang dapat mendukung pekerjaan mereka. Penelitian ini hendak mengetahui bagaimana perkembangan AI mempengaruhi sikap pelaku di industri kreatif. Theory of Planned Behavior digunakan sebagai dasar untuk memahami perilaku yang muncul akibat disrupsi AI. Metode campuran digunakan agar dapat memberikan asumsi secara menyeluruh atas akibat dari disrupsi AI, sekaligus juga bisa mendapatkan gambaran pemahaman secara holistik dari kacamata penggiat industri kreatif yang diwakili oleh beberapa responden dari berbagai bidang keahlian melalui wawancara terstruktur. Responden wawancara yang bekerja di industri kreatif, menyatakan bahwa kehadiran AI banyak membantu proses kreatif mereka sampai pada tahapan tertentu. Yakni, AI dipergunakan sebagai sarana triangulasi, referensi untuk pengembangan ide orisinil, membaca trend terkini, serta sebagai alat bantu ketika dihadapkan pada kebutuhan dengan waktu yang terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-10

How to Cite

Anwar, M. R., Caroline, A., Kornarius, Y. P., Gusti, T. E. P., & Gunawan, A. (2024). Bagaimana Artificial Intelligence mengubah Lanskap Industri Kreatif: Disrupsi Artificial Intelligence dari Kacamata Praktisi Industri Kreatif. ECo-Buss, 7(1), 226–238. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1284

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1284
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1284
Abstract views: 125 / PDF downloads: 156