Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Cafe De’piek Ujungbatu Rokan Hulu)

Authors

    Monicha Putri Aditia( 1 ) Meyzi Heriyanto( 2 )

    (1) Universitas Riau
    (2) Universitas Riau

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1173

Keywords:


Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada café De’piek ujungbatu rokan hulu. Zaman globalisasi sekarang ini, perkembangan dunia bisnis sangat banyak mengalami perubahan yang begitu pesat.Perubahan yang terjadi ditandai oleh beberapa aspek diantaranya yaitu adanya perubahan lifestyle, pola berpikir masyarakat serta kemajuan dan berkembangnya teknologi yang begitu pesat. Jadi, dengan adanya perkembangan dan kemajuan gaya hidup masyarakat sangat dituntut untuk mengimbanginya.Kehadiran Persaingan yang sengit ini mewajibkan para pengusaha untuk meningkatkan performa perusahaan mereka guna tetap bersaing di pasar. Persaingan yang begitu pesat akan membuat pengusaha memiliki banyak keutamaan yang kompetitif supaya dapat mempertahankan bisnisnya dari beberapa pesaing lain Dalam membuat suatu bisnis, mencapai profit atau memperoleh keuntungan ialah sasaran utama dari beberapa perusahaan. Agar tujuan perusahaan terwujud, mereka perlu menambah kualitas pelayanan serta memberi rasa nyaman dan menarik konsumen menjadi faktor dalam mempertahankan kesuksesan bisnis. Variabel independennya adalah Kualitas pelayanan (X1) dan store atmosphere (X2), sementara variabel dependen yakni kepuasan konsumen (Y). Metode yang dipakai ialah metode kuantitatif. Sampel yang dipakai sejumlah 100 responden memakai teknik non probabilitiy sampling berupa accidental sampling pada konsumen café De’piek ujungbatu rokan hulu. Sumber yang dipakai dala penelitian yakni data primer yang didapatkan dengan proses pembagian kuesioner pada Café De’piek ujungbatu, yang kemudian dikumpulkan secara statistik menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil dari penelitian memperlihatkan secara parsial variabel kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh terhadap store atmospher (Y), secara parsial  variabel store atmospher (X2) mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). dan secara simultan kualitas pelayanan (X1) dan store atmospher (X2) memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-10

How to Cite

Aditia, M. P., & Heriyanto, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Cafe De’piek Ujungbatu Rokan Hulu). ECo-Buss, 6(3), 1289–1299. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1173

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1173
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1173
Abstract views: 40 / PDF downloads: 27