Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Siswa-Siswa SMK Negeri 1 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v4i2.2235Keywords:
Manajemen Kearsipan, Pelatihan, Digitalisasi, Keterampilan Siswa, Efisiensi Dokumen
Abstract
Di era digital, pengelolaan arsip yang baik menjadi keterampilan penting, terutama di dunia kerja. SMK Negeri 1 Kota Tangerang menyadari bahwa siswa perlu dibekali kemampuan manajemen kearsipan, baik secara konvensional maupun digital. Namun, masih terdapat kendala seperti kurangnya pemahaman siswa dan keterbatasan fasilitas teknologi. Untuk menjawab tantangan ini, Universitas Buddhi Dharma melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mengadakan pelatihan Manajemen Kearsipan guna meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola dokumen secara sistematis dan profesional. Pelatihan ini menggunakan metode berbasis praktik yang mencakup koordinasi dengan sekolah, penyusunan modul, penyampaian materi secara interaktif, serta evaluasi hasil. Siswa diberikan pemahaman tentang prinsip dasar kearsipan, teknik pengorganisasian dokumen, serta penggunaan sistem digital untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan arsip. Simulasi praktik langsung juga dilakukan agar siswa lebih memahami konsep yang diajarkan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa, baik dalam mengelola arsip fisik maupun digital. Selain itu, mereka semakin memahami manfaat keterampilan ini dalam dunia kerja. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi tuntutan industri modern. Program serupa sebaiknya diperluas agar lebih banyak siswa mendapatkan manfaatnya, dengan dukungan teknologi yang lebih baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pujiarti Pujiarti, Gregorius Widiyanto, Agustinus Priyowidodo, Nana Sutisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.