Pengenalan Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Bahan Bekas di SD Negeri 110 Lura
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v4i2.1890Keywords:
used materials, media, pancasila education
Abstract
Pendidikan pancasila adalah salah satu mapel yang diberikan pada peserta didik sejak SD yang mempunyai peran penting dalam menciptkaan sikap serta karakter peserta didik yang memiliki rasa cinta, nasional, serta berbudi luhur terhadap negara. Hasil observasi di SD Negeri 110 Lura memaparkan kegiatan pembelajaran pendidikan pancasila masih dominan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran dilakukan dengan siswa menjawab soal pada buku paket serta penggunaan metode ceramah yang dominan digunakan oleh guru. Tujuan penulisan adalah memberikan hasil analisa terkait dengan pengenalan pembelajaran pendidikan pancasila berbasis bahan bekas di SD Negeri 110 Lura. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Hasil dan kesimpulan yang diambil ialah pengenalan media pembelajaran berbasis bahan bekas di SD Negeri 110 Lura terkait dengan pembelajaran pendidikan pancasila berjalan dengan lancar dengan menggunakan media pembelajaran spin putar. Hal tersebut ditandai dengan tingkat antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sangat tinggi. Selain itu, melalui penyajian media spin putar di awal jam pembelajaran dapat menstimulus serta meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar. Penggunaan dari bahan bekas sendiri disebabkan karena melatih siswa untuk kreatif dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dan kemudahan dalam proses bahan media.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Fitria Syam, Marwah, Hasanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.