Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dus Packaging Pada PT. Surya Mega Mustika
Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui permasalahan yang terjadi di PT. Surya Mega Mustika, khususnya permasalahan mengenai pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk dus packaging.(Studi kasus PT. Surya Mega Mustika). Analisis data dilakukan dengan disebar secara acak terhadap 75 responden. Program yang digunakan adalah SPSS versi 25. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas dengan alpha cronbach dan teknik pengambilan sample menggunakan probability sampling. Uji analisis regresi linier berganda, uji r, uji t dan uji f untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian mengenai Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Dus Packaging di PT. SURYA MEGA MUSTIKA, menunjukan hubungan yang signifikan, dimana ditentukan hasil bahwa Pengaruh Harga mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 83,5%, sedangkan Kualitas Produk mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 87,8%. Berdasarkan hasil penelitian, R Square ( R2 ) menunjukan koefisien determinasi yang artinya Presentase Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai variabel Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian adalah 83,5% sedangkan sisanya ( 100%-83,5% = 16,5%) dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Jika dilakukan pengujian secara bersama-sama, besarnya nilai R2 variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 87,8% sedangkan sisanya ( 100%-87,8% = 12,2%) dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji f) menunjukkan besaran F hitung Pengaruh Harga yaitu 370,640 > F tabel 3,12 dengan tingkat signifikan 0,000 dimana angka 0,000 < 0,005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama Pengaruh Harga dan Kualitas Produk berpengaruh kuat dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Dus Packaging di PT. Surya Mega Mustika. Pada uji hipotesis untuk variabel Harga Produk diperoleh hasil t hitung 5,586 > t tabel 1,66629, uji hipotesis untuk variabel Kualitas Produk diperoleh t hitung 4,990 > t tabel 1,66629. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara parsial atas sendiri-sendiri ada pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.