Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopikoe Parung Panjang
Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di KopiKoe Parung Panjang baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di KopiKoe Parung Panjang. Sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dihitung menggunakan teknik slovin. Metode pengumpulan adalah data primer yang berupa hasil kuesioner. Hasil pengujian instrumen menunjukkan bahwa data dinyatakan valid dan reliabel. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, tidak ada gangguan multikolinearitas, heteroskedastisitas maupun autokorelasi. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil persamaan Y = -2,131 + 0,435X1 + 0,238X2 + 0,340X3. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen di KopiKoe Parung Panjang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,535 dimana lebih besar dari t tabel (4,535 > 1,985). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di KopiKoe Parung Panjang dengan nilai t hitung sebesar 2,643 dimana lebih besar dari t tabel 1,985. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di KopiKoe Parung Panjang dengan nilai t hitung sebesar 4,540 dimana lebih besar dari t tabel 1,985. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di KopiKoe Parung Panjang dengan nilai F hitung sebesar 79,226 dimana lebih besar dari F tabel 2,699. Kesimpulan dari penelitian ini adalah harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Kepuasan konsumen dipengaruhi sebesar 71,2% oleh harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk.