Pengaruh Lokasi, Suasana Toko, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Indomaret Rawa Kucing Tangerang)

Authors

    Dvani Suhardi( 1 ) Canggih Gumanky Farunik( 2 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma

Keywords:


Lokasi, Suasana Toko, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, suasana toko dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada indomaret rawa kucing Tangerang). Pada sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menekankan pada pengujian teori dengan mengukur variabel penelitian dengan angka-angka. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji realiabilitas, dan teknik pengumpulan sampel menggunakan non probability sampling. Uji analisis regresi linear berganda , uji r, uji t dan uji f untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaa linear berganda Y= 3.697 + 0.238 X1+ 0.308 X2 + 0.372 X3 + e, artinya setiap ada peningkatan atau penurunan X1, X2 dan X3 sebesar 1 poin, maka variabel Y akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.238, 0.308 dan 0.372. Selain itu diperoleh hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat, pada penelitian ini dapat diperoleh nilai hubungan antar variabel lokasi dengan keputusan pembelian sebesar 43,1% dan sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain, variabel suasana toko dengan keputusan pembelian sebesar 55,4% dan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi faktor lain. Sedangkan hubungan antar keragaman produk dengan keputusan pembelian sebesar 58,1% sedangkan sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung untuk lokasi sebesar 2.465, untuk t hitung suasana toko sebesar 3.698 dan t hitung keragaman produk sebesar 4.528 dengan t tabel sebesar 1.661 yang diperoleh dari tabel distribusi t untuk df=100-4 dan level og signifikan 0,000. Dengan kata lain, Ho ditolak dann Ha diterima karena T hitung > t tabel, sedangkan dari hasil uji f diperoleh nilai f hitung sebesar 74.098 dimana nilai tersebut lebih besar dari f tabel 2.70 dengan tingkat signifikasni 0,000 lebih kecil dari 0,05 naka Ho ditolak dan Ha diterima.

Published

2024-11-19

How to Cite

Dvani Suhardi, & Canggih Gumanky Farunik. (2024). Pengaruh Lokasi, Suasana Toko, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Indomaret Rawa Kucing Tangerang). ECo-Sync: Economy Synchronization, 1(4). Retrieved from https://jurnal.kdi.or.id/index.php/es/article/view/1715
Abstract views: 1 / PDF downloads: 1