Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di Outlet Raja Gadai
Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh promosi, kualitas pelayanan, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah di outlet Raja Gadai agar dapat berkembang baik dalam melakukan promosi, kualitas pelayanan dan nasabah merasakan kepuasan secara menyeluruh agar terciptanya loyalitas dibenak nasabah. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode survei kuisioner kepada 150 responden dan diolah menggunakan software SPSS versi 25.0
Analisis regresi dilakukan untuk menguji hubungan antar variabel. Maka, terdapat hasil uji validitas dan reabilitas didapatkan dari pengujian indikator pada pertanyaan setiap variabel (rhitung) > 0.1975 (rtabel), dari hasil analisis linear berganda didapatkan persamaan , dari hasil uji normalitas nilai asymp sig sebesar 0.143 atau >0.05 dapat dikatakan nilai residual memenuhi asumsi, dari hasil uji multikolinearitas nilai tolerance promosi sebesar 0.358, kualitas pelayanan sebesar 0.295, kepuasan nasabah 0.262, dari hasil uji heteroskedastisitas metode spearman variabel promosi sebesar 0.478, variabel kualitas pelayanan sebesar 0.913, kepuasan nasabah sebesar 0.188, dari hasil uji koefisien determinasi variabel promosi 57.6%, kualitas pelayanan 61.8%, kepuasan nasabah 76.3% terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji thitung variabel promosi yaitu 2.460 > 1.98472 (ttabel) dengan nilai, signifikan 0.000 < 0.05. thitung variabel kualitas pelayanan yaitu 2.237 > 1.98472 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 dan thitung kepuasan nasabah yaitu 8.321 > 1.98472 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, dari hasil uji Fhitung diperoleh nilai yaitu 179.023 > 2.70 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.