Pengaruh Pemahaman Akuntansi, E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2674Keywords:
Pemahaman Akuntansi, E-Commerce, Budaya Organisasi, Kualitas Laporan Keuangan, UMKM
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia berperan vital dalam perekonomian nasional, namun masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami atau menerapkan akuntansi dan e-commerce secara memadai dalam bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah menguji tentang pengaruh pemahaman akuntansi, e-commerce, budaya organisasi dan kualitas laporan keuangan terhadap kinerja UMKM. Studi ini melibatkan 50 UMKM di Kecamatan Gedong Tataan sebagai sampling penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa dari empat variabel yang dianalisis, hanya budaya organisasi yang memberikan dampak signifikan terhadap kinerja UMKM. Nilai-nilai budaya organisasi seperti disiplin, kerjasama, dan komunikasi semua variabel terbukti meningkatkan produktivitas usaha UMKM. Sedangkan pemahaman tentang akuntansi, e-commerce, dan kualitas laporan keuangan terbukti masih menunjukkan tidak berpengaruh signifikan karena belum dimanfaatkan secara maksimum oleh pelaku UMKM di Indonesia. Bukti hasil penelitian ini menjadi tolak ukur bagi pemerintah dan bagi para pelaku UMKM agar memperkuat budaya organisasi untuk meningkatkan kinerja dan pembuat kebijakan membuat regulasi untuk menerapkan akuntansi untuk meningkatkan sustainbility UMKM dan meningkatkan pemanfaatan teknologi digital secara lebih baik bagi para pelaku UMKM di Indonesia.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Sariningsih, Indah Lia Puspita, Amelia Larasati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.