Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik Terhadap Revisit intention di Coffee Shop Partner Coffee dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2540Keywords:
Revisit intention, Kualitas Lingkungan Fisik, Kepuasan Pelanggan, Coffee Shop, Frekuensi Kunjungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kualitas lingkungan fisik mempengaruhi niat pelanggan untuk kembali ke Partner Coffee, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel yang menjadi penghubung. Metode kuantitatif diterapkan pada penelitian ini. Analisis data lapangan dilakukan dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 97 pelanggan aktif. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dan revisit intention signifikan dipengaruhi oleh kualitas lingkungan fisik. Akan tetapi, kepuasan pelanggan tidak terbukti memberikan dampak signifikan terhadap revisit intention, dan tidak menjadi penghubung antara kualitas lingkungan fisik dan revisit intention. Temuan ini menegaskan bahwa faktor utama yang mendorong pelanggan untuk kembali adalah kualitas lingkungan fisik itu sendiri. Oleh karena itu, Partner Coffe disarankan untuk lebih memprioritaskan peningkatan aspek fisik lingkungan dengan menciptakan kenyamanan yang mendorong loyalitas dan frekuensi kunjungan yang lebih tinggi. Untuk mempertahankan pelanggan, pelaku bisnis dapat menggunakan informasi berharga yang ditawarkan penelitian ini untuk merancang lingkungan kafe yang lebih strategis.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifi Hamdani Lubis, Hafizah Hafizah, Yenni Arfah, Frederik Rudy Sentosa Rajagukguk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.