Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Erigo Pada Marketplace Shopee Oleh Mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2508Keywords:
Citra Merek, Erigo, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Persepsi Harga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek dalam kaitannya dengan keputusan mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin untuk membeli merek lokal Erigo melalui platform marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan populasi mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin, sampel sebanyak 100 orang diambil dengan rumus Slovin. Pengujian instrumen, analisis linier berganda, pengujian koefisien determinasi, asumsi klasik, dan hipotesis adalah teknik analisis data yang digunakan. Model regresi menunjukan R2 sebesar 0,440. Ini artinya secara bersama-sama, persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek menjelaskan 44% keputusan pembelian. Sisanya, 66% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Temuan menunjukkan citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga secara signifikan mempengaruhi keputusan untuk membeli secara bersamaan (simultan) dengan nilai probabilitas signifikan 0,000 < (0,05) dan F hitung > F tabel, yaitu 25,098 > 2,70. Kualitas produk dan citra merek berdampak besar dengan nilai sig kualitas produk 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (6.240 > 0,1986) dan Nilai sig. citra merek 0,001 < 0,05 dan t hitung > t tabel (3.457 > 0,1986), persepsi harga tidak memengaruhi nyata keputusan tersebut dikarenakan Nilai sig persepsi harga 0,000 < 0,05 namun thitung < t tabel (-4.100 < 0,1986).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hengky Agustinus Oen, Rifqi Amrulloh Amrulloh, Adista Anjar Diany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.