Peningkatan Kepuasan Pasien Dengan Lokasi Melalui Mediasi Keputusan Pasien Berobat Dalam Menggunakan Jasa Puskesmas di Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2436Keywords:
Kepuasan Pasien, Keputusan pasien, Lokasi, Puskesmas, Perilaku konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mediasi Keputusan Pasien dalam hubungan antara Lokasi terhadap Kepuasan Pasien pada layanan Puskesmas di Bekasi. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) 3.0, menggunakan 250 responden pasien yang dipilih melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pasien (B = 0,915 p < 0,000) dan Kepuasan Pasien (B = 0,66; p < 0,000). Keputusan Pasien juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien (B = 0,330 p < 0,000). Lebih lanjut, Keputusan Pasien memediasi pengaruh Lokasi terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai pengaruh tidak langsung sebesar B = 0,302 t = 9,027 p < 0,000. Nilai R² untuk Kepuasan Pasien sebesar 0,959 dan untuk Keputusan Pasien sebesar 0,837, menunjukkan daya jelas model yang tinggi. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya penempatan lokasi strategis Puskesmas untuk meningkatkan pengambilan keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kepuasan mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memahami peran keputusan konsumen sebagai mekanisme mediasi dalam layanan publik kesehatan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rusman Efendi Sihombing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.