Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Kauman Solo

Authors

    Feby Febrian( 1 ) Granit Agustina( 2 )

    (1) Universitas Winaya Mukti
    (2) Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2434

Keywords:


Kualitas Produk, Harga, Keputusan pembelian

Abstract

Studi ini memiliki tujuan yaitu bagaimana strategi pemasaran di batik kauman solo berdampak terhadap keputusan pelanggan dalam membeli suatu produk serta harga yang ditawarkan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pada penelitian ini.  Studi mengevaluasi  kaitan dari instrumen strategi pemasaran baik itu produk yang berkualitas. Penawaran harga serta peran pelanggan dalam memutuskan pembelian, Populasi sebanyak 5000 orang para konsumen batik Kauman Solo dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Penelitian survei keseluruhan data dikumpulkan dan disebarkan kepada seluruh konsumen yang menggunakan kuesioner untuk melihat dan mengukur pendapat mereka tentang dampak bagi keputusan pembelian pelanggan atas kualitas produk dan harga batik kauman. Koefisien determinan menunjukkan 57.1% dari hasil pengolahan data menunjukkan tanggapan yang positif dan baik oleh karenanya bias dikonklusikan memiliki pengaruh yang cukup kuat antara kualitas produk dan harga bagi keputusan pembelian. Hal ini menjelaskan bahwa keputusan pembelian merupakan faktor kunci keterlibatan konsumen pada batik kauman.   Dengan adanya temuan ini maka dapat meningkatkan peran pemasaran dalam mendukung kualitas produk dan harga  dengan  inklusif dalam menciptakan keputusan pembelian pada seluruh konsumen batik kauman solo.  Penelitian ini turut memberikan kontribusi dalam literatur bagaimana kualitas produk dan harga sangat bagus bisa memperkuat keputusan pembelian pada pelanggan batik Solo.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-28

How to Cite

Febrian, F., & Agustina, G. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Kauman Solo. ECo-Fin, 7(2), 1276–1284. https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2434

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2434
Abstract views: 16 / PDF downloads: 10