Evaluasi Faktor Penerimaan Live Streaming di Platform E-commerce TikTokShop Menggunakan TAM 3
DOI:
https://doi.org/10.32877/bt.v7i3.2263
Keywords:
E-commerce, Live Streaming, Penerimaan , TikTok Shop, Tam 3
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah pola perilaku konsumen dalam berbelanja secara daring. Salah satu tren terkini dalam e-commerce ialah fitur live streaming, yang memudahkan interaksi secara real-time antar penjual dan pembeli. Tiktok Shop menjadi salah satu platform yang berhasil mengadopsi strategi ini untuk meningkatkan pengalaman belanja digital. Namun, adopsi fitur ini masih dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini guna menganalisis faktor yang memengaruhi penerimaan live streaming TikTok Shop menggunakan Technology Acceptance Model 3 (TAM 3). Dengan metode kuantitatif berbasis survei, penelitian ini mengumpulkan data dari 400 responden yang pernah bertransaksi melalui live streaming TikTok Shop. Data melalui pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menampakkan inovasi dan kepercayaan pengguna mendapati pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian serta adopsi teknologi dalam ekosistem digital. Sementara itu, risiko yang dirasakan mendapati pengaruh yang lebih rendah dibandingkan dengan faktor lainnya. Temuan ini mengindikasikan meskipun konsumen menyadari adanya potensi risiko dalam transaksi digital, mereka tetap melakukan pembelian dan mengadopsi teknologi baru apabila manfaat serta pengalaman belanja yang didapatkan lebih besar dibandingkan risiko yang mungkin terjadi. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya berfokus pada peningkatan kepercayaan, transparansi informasi, serta kemudahan dalam penggunaan teknologi guna mempercepat penerimaan dan adopsi teknologi oleh pengguna. Rekomendasi yang diberikan meliputi optimalisasi fitur interaktif, peningkatan sistem keamanan transaksi, serta strategi promosi yang lebih menarik dan edukatif untuk meningkatkan pemahaman serta kenyamanan pengguna dalam mengadopsi fitur live streaming TikTok Shop sebagai bagian dari pengalaman belanja digital mereka.
Downloads
References
S. Nurul, Shynta Anggrainy, and Siska Aprelyani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 5, pp. 564–573, 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i5.992.
A. M. P. Pratiwi, A. Pangiuk, and M. Ismail, “Pengaruh Jual Beli Online E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Milenial Di Kecamatan Belitang,” J. Manag. Creat. Bus., vol. 1, no. 2, pp. 1–18, 2023, doi: https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.726.
F. E. Christy, “Prediksi Angka Pengguna E-commerce di Indonesia 2024,” Tempo.co. [Online]. Available: https://www.tempo.co/data/data/prediksi-angka-pengguna-e-commerce-di-indonesia-2024-248394
D. Setyowati, “Transaksi Belanja Online 2024 Diramal Rp 487 Triliun, Live Shopping Jadi Tren,” katadata.co.id, 2024. [Online]. Available: https://katadata.co.id/digital/e-commerce/675ab54ee7981/transaksi-belanja-online-2024-diramal-rp-487-triliun-live-shopping-jadi-tren
R. D. Erfiati and Y. Helfi, “Analisis Pemasaran Digital: Strategi Konten Live Streaming Tiktok Untuk Memasarkan Produk Affiliate,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 4, pp. 3400–3412, 2023.
D. B. Qibtiyah, “Daya Tarik Live Streaming TikTok Shop: Bagaimana Interaksi Langsung Mempengaruhi Niat Pembelian Produk Fashion,” EKOMA (Jurnal Ekon. Manajemen, Akuntansi), vol. 3, no. 5, pp. 558–571, 2024, doi: https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.4245.
A. F. Silvia, W. Saputra, H. Sunaryo, and F. Sinlae, “Analisis Keamanan Data Pribadi pada Pengguna BPJS Kesehatan: Ancaman, Risiko, Strategi Kemanan (Literature Review),” Nusant. J. Multidiscip. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 201–207, 2024, doi: 10.31933/jimt.v4i5.
I. D. Sujatmiko and I. G. L. P. E. Prismana, “Implementasi Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) terhadap kepuasan pengguna aplikasi investasi dan trading saham (Studi kasus: aplikasi mobile IPOT),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 01, pp. 35–44, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/44214%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
X. Sun, J. É. Pelet, S. Dai, and Y. Ma, “The Effects of Trust, Perceived Risk, Innovativeness, and Deal Proneness on Consumers’ Purchasing Behavior in the Livestreaming Social Commerce Context,” Sustain., vol. 15, no. 23, 2023, doi: 10.3390/su152316320.
Herlina, J. Fernandes Andry, and F. Marcellus Susanto, “Analisis Deskriptif Perilaku Konsumen Shopee: Technology Acceptance Model (TAM),” J. Technol. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 63–68, 2023, doi: 10.37802/joti.v4i2.318.
H. Hanifah and E. Rostiana, “Pengaruh Media Sosial Tiktok dan Live Streaming Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Aplikasi Shopee,” vol. 3, no. 1, pp. 264–273, doi: https://doi.org/10.61787/sbx71v14.
“Kesuksesan TikTok Shop dalam Merevolusi Dunia E-Commerce Artikel,” all stars, 2024. [Online]. Available: https://www.allstars.id/blog/2024/04/23/kesuksesan-tiktok-shop-dalam-merevolusi-dunia-e-commerce/
S. Rahmayanti and R. Dermawan, “Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 337–344, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.2451.
Anisa, R. R. -, and Nurul Chamidah, “Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” J. Komun. Pemberdaya., vol. 1, no. 2, pp. 131–143, 2022, doi: 10.47431/jkp.v1i2.230.
U. M. Rina Amelia, Slamet Triyadi, “ANALISIS FAKTOR-FAKTORYANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN FITUR TIKTOKSHOP APLIKASI TIKTOK METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODE,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 23, pp. 656–664, 2023, doi: https://doi.org/10.51401/jinteks.v5i4.3286.
L. Prasetyohadi and E. Suryani, “Analisis Minat Penggunaan Fitur Permohonan Layanan Pln Pada Aplikasi New PLN Mobile Dengan Menggunakan Metode TAM 3,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 6, no. 2, pp. 1076–1086, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v6i2.517.
R. P. Juliansyach and R. Christiarini, “Analisa behavioural intentiondan use behaviourpada aplikasi game onlineberbasis mobile phone menggunakan metodeUTAUT2,” J. Manaj. Strateg. dan Apl. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 271–290, 2024, doi: https://doi.org/10.36407/jmsab.v7i2.1154.
Ady Wahyono, Muhammad Arya Wirawan, and Abdul Yusuf, “Analisis Penerimaan Aplikasi Ajaib dengan Menggunakan Technology Acceptance Model 3 (TAM 3),” Econ. Rev. J., vol. 3, no. 3, pp. 2425–2436, 2024, doi: 10.56709/mrj.v3i3.404.
S. I. Puspasari and R. Rojuaniah, “Pengaruh enjoyment dan persepsi kegunaan terhadap continuance intention pada layanan over the top lokal,” Implementasi Manaj. Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 1–15, 2023, doi: 10.38156/imka.v3i2.216.
N. Istiqomah and I. K. D. Nuryana, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI VIDIO MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN PIECES FRAMEWORK,” (Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 04, pp. 200–207, 2023.
D. K. R. Musyaffi, Ayatulloh Michael, Hera Khairunnisa, Konsep dasar structural equation model-partial least square (sem-pls) menggunakan smartpls. Pascal Books, 2021.
M. S. Dr. Duryadi, Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS, vol. 7, no. 1. 2021.
N. A. Setio Ardy Nuswantoro, Muhammad Ulfi, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan QRIS di Kalangan Mahasiswa Kalimantan: Pendekatan UTAUT2 dan TAM,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 15, no. 2, pp. 78–89, 2020, doi: https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i3.449.
A. Satriaji and D. A. Prabowo, “Analisis Faktor Penggunaan E-Money Menggunakan Metode TAM Technology Acceptance Model ( Studi Kasus Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto ),” LEDGER J. Inform. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 85–93, 2023.
J. H. Yam and R. Taufik, “Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” vol. 3, no. 2, pp. 96–102, 2021, doi: https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 bit-Tech

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to bit-Tech all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to bit-Tech from the date the article is accepted for publication. I also understand that bit-Tech, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that bit-Tech permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.