Studi Perbandingan Pengembangan Game dalam GDScript dengan Godot dan C# dengan Unity

Authors

    Leonard Winata( 1 ) Muhammad Akbar Maulana( 2 ) Joko Susilo( 3 )

    (1) Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
    (2) Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
    (3) Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

DOI:


https://doi.org/10.32877/bt.v7i3.1876

Keywords:


Game Development, Game Engine, GDScript, Godot, Unity

Abstract

Penelitian ini membandingkan efisiensi dan kompleksitas pada game engine Godot dan Unity dengan bahasa program utamanya masing-masing yaitu GDScript dan Unity dalam pembuatan replika Flappy Bird. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi waktu, penggunaan ruang berupa memori dan CPU, dan kompleksitas kode pada kedua game engine tersebut dan menganalisis perbedaan dalam bentuk kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua engine mampu mencapai 60 FPS dengan stabil dalam dalam analisis time complexity. Pada analisis space complexity, Godot dengan GDScript terlihat lebih efisien dengan penggunaan memori 125 mb dan penggunaan CPU 3% dibandingkan Unity dengan C# yang memiliki penggunaan memori 160 mb dan penggunaan CPU 40%. Dari segi code complexity, Godot dengan GDScript memiliki lebih sedikit jumlah baris kode atau Lines of Code (LOC) dengan total 157 sedangkan Unity dengan C# memiliki total LOC sebanyak 169. Dalam penulisan kode, Unity dengan C# dapat menggunakan komponen dari fitur bawaan game engine Unity yang dimiliki seperti Rigidbody2D yang mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan mekanika seperti gravitasi. Tetapi komponen tersebut perlu diinisialisasikan di dalam kodenya yang dapat menambahkan jumlah LOC. Sedangkan Godot dengan GDScript tidak memiliki fitur bawaan seperti Unity dan harus membuat mekanika seperti gravitasi dari awal tetapi karena itu, GDScript tidak memerlukan inisialisasi komponen dari game engine Godot dan karena itu jumlah LOC yang dimiliki lebih sedikit dibandingkan dengan C#.

Downloads

References

H. Ali and J. Al Lawati, “The Path of UNITY or the Path of UNREAL? A Comparative Study on Suitability for Game Development,” 2020. doi: https://doi.org/10.47611/jsr.vi.976.

M. Danial Masood, “Comparison of Programming Languages in Game Development,” pp. 19–1210, 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.33042.89287.

I. Wayan, A. Putra Yasa, N. Putu, and D. Yasa, “TAJOG RUN GAME VISUAL ASSET DESIGN,” Journal of Aesthetics, Design, and Art Management, vol. 4, 2024, doi: 10.58982/jadam.v4i1.663.

A. Jungherr and D. B. Schlarb, “The Extended Reach of Game Engine Companies: How Companies Like Epic Games and Unity Technologies Provide Platforms for Extended Reality Applications and the Metaverse,” Social Media and Society, vol. 8, no. 2, Apr. 2022, doi: 10.1177/20563051221107641.

M. Toftedahl and H. Engström, “A Taxonomy of Game Engines and the Tools that Drive the Industry,” 2019.

Yegoshyna G.A, Voronoy S.M, and Ovdieichuk A.A, “LEARNING SYSTEM DESIGN FOR GAME APPLICATIONS,” 2020. doi: https://doi.org/10.33243/2518-7139-2020-1-2-82-91.

F. Hussain, A. Hussain, H. Shakeel, N. Uddin, and T. L. Ghouri, “Unity Game Development Engine: A Technical Survey,” 2020, [Online]. Available: http://sujo.usindh.edu.pk/index.php/USJICT/

M. Ranaweera and Q. H. Mahmoud, “Deep Reinforcement Learning with Godot Game Engine,” Electronics (Switzerland), vol. 13, no. 5, Mar. 2024, doi: 10.3390/electronics13050985.

N. Amalin et al., “Tales of C++ Worlds: C++ Programming Language Game-Based Learning,” vol. 5, no. 1, pp. 223–231, 2023, doi: 10.30880/mari.2024.05.01.031.

T. K. Mohd, F. Bravo-Garcia, L. Love, M. Gujadhur, and J. Nyadu, “Analyzing Strengths and Weaknesses of Modern Game Engines,” International Journal of Computer Theory and Engineering, vol. 15, no. 1, pp. 54–60, Feb. 2023, doi: 10.7763/IJCTE.2023.V15.1330.

M. S. Naveed, “Comparison of C++ and Java in Implementing Introductory Programming Algorithms,” Quaid-e-Awam University Research Journal of Engineering Science & Technology, vol. 19, no. 1, pp. 95–103, Jun. 2021, doi: 10.52584/qrj.1901.14.

A. Kaur and R. Nayyar, “A Comparative Study of Static Code Analysis tools for Vulnerability Detection in C/C++ and JAVA Source Code,” in Procedia Computer Science, Elsevier B.V., 2020, pp. 2023–2029. doi: 10.1016/j.procs.2020.04.217.

M. S. Khoirom, M. Sonia, B. Laikhuram, J. Laishram, and D. Singh, “Comparative Analysis of Python and Java for Beginners,” International Research Journal of Engineering and Technology, 2020, [Online]. Available: www.irjet.net

J. W. P. Johansson, “A quantitative comparison between C, C++ and Rust Loading data in the context of a game engine,” 2023.

T. Brogan, J. Springer, T. Ringenberg, D. Whittinghill, and C. Laux, “EVALUATING THE EFFICIENCY OF GENERAL PURPOSE AND SPECIALIZED GAME ENGINES FOR 2D GAMES THE PURDUE UNIVERSITY GRADUATE SCHOOL STATEMENT OF COMMITTEE APPROVAL,” 2024.

I. Yakut, “The Basics of Corpus Linguistics: An Introduction for Beginners,” 2022. [Online]. Available: https://www.cizgikitabevi.com/kitap/1564-yabanci-dil-ogretimine-genel-bir-bakis-vi

A. V. Magistrant, “BASIC THEORETICAL PRINCIPLES OF CORPUS LINGUISTICS,” 2022, doi: 10.17605/OSF.IO/36RWP.

S. Bhuyan, S. Zhao, Z. Ying, M. T. Kandemir, and C. R. Das, “End-to-end Characterization of Game Streaming Applications on Mobile Platforms,” in Proceedings of the ACM on Measurement and Analysis of Computing Systems, Association for Computing Machinery, Mar. 2022. doi: 10.1145/3508030.

T. Salmela, “Game Development Using the Open-Source Godot Game Engine,” 2022.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

[1]
L. Winata, M. A. Maulana, and J. Susilo, “Studi Perbandingan Pengembangan Game dalam GDScript dengan Godot dan C# dengan Unity”, bit-Tech, vol. 7, no. 3, pp. 715–721, Apr. 2025.

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/bt.v7i3.1876
Abstract views: 37 / PDF downloads: 20