Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Wisata Menggunakan Metode Algoritma Best First Search
DOI:
https://doi.org/10.32877/bt.v7i2.1845
Keywords:
Artificial Intelegence, Best Search First Algorithm, Information Systems, Method, Tourist
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh positif terhadap sektor pariwisata, khususnya di Kota Solok. Pemanfaatan sistem informasi berbasis teknologi dapat mempermudah wisatawan dalam mencari informasi tentang jalur perjalanan, termasuk jarak dan rute yang akan ditempuh. Aplikasi yang dirancang dalam penelitian ini bertujuan untuk menyediakan informasi lengkap mengenai pariwisata di Kota Solok, termasuk rute, jarak tempuh, dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Dengan menggunakan algoritma ini, solusi optimal dapat ditemukan. Algoritma Best First Search memilih jalur terbaik menuju tujuan dengan cara mengevaluasi setiap node menggunakan fungsi evaluasi yang telah ditentukan sebelumnya. Pada penelitian ini terdapat 10 tempat rekreasi yang akan dikunjungi dengan ketentuan mencari jalur yang terpendek atau yang terkecil tanpa harus membuang waktu agar tidak menempuh jalan yang berulang. Terdapat 45 Kombinasi nilai yang akan dituju. Jarak dan rute masing masing bisa dilihat dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat mengemat waktu dan jarak saat melakukan pariwisata di kota Solok. Algoritma BFS dipilih karena kemampuannya dalam mengevaluasi node berdasarkan fungsi heuristik, yang memungkinkan pencarian jalur terbaik secara efisien. Sistem ini dirancang untuk memberikan informasi lengkap tentang lokasi wisata, fasilitas, dan estimasi waktu tempuh antar lokasi. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi rute perjalanan yang optimal sesuai dengan preferensi pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan algoritma BFS dapat meningkatkan efisiensi pencarian rute wisata dan memberikan rekomendasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta meningkatkan pengalaman wisatawan dalam merencanakan perjalanan.
Downloads
References
S. A. Susanto and A. Lubis, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Pada Awan Tour Travel,” Jupiter-jurnal penerapan ilmu-ilmu Komput., p. 41, 2016.
A. Kuswara, A. D. Supriatna, and E. Gunadhi, “Sistem Informasi Wisata Pantai Berbasis Web Di Kabupaten Garut,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 201–207, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.201.
R. D. Saktia Purnama et al., “Implementasi Penggunaan Algoritma Greedy Best First Search Untuk Menentukan Rute Terpendek Dari Cilacap Ke Yogyakarta,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4068.
M. Abrori and R. N. Setiyani, “Implementasi Algoritma Best-First Search (BeFS) pada Penyelesaian Traveling Salesman Problem (TSP) (Studi Kasus: Perjalanan Wisata Di Kota Yogyakarta),” J. Fourier, vol. 4, no. 2, p. 93, 2015, doi: 10.14421/fourier.2015.42.93-111.
M. T. Rahmawita and D. Iriadi, “Aplikasi Objek Wisata Berbasis Android Di Kota Pekanbaru,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.24014/rmsi.v7i1.10264.
M. Afrina, A. Ibrahim, and T. Simarmata, “Pariwisata Berbasis Android,” vol. 5, pp. 170–174, 2013.
2002 dalam susiyati Pendit, “Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Studi Kasus: Kawasan Pecinan Lasem, Kampung Lawas Maspati, Desa Selumbung,” J. Kaji. Ruang, vol. 1, no. 2, pp. 89–109, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr
S. Anwar, Y. Efendi, R. Rustam, and Andrew, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) AMIK Wahana Mandiri Berbasis Web Mobile,” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 9, no. 1, pp. 73–98, 2016.
Y. Afero, “Algoritma Best First Search Menentukan Lintasan Jalur Terpendek Pada Kota Wisata Bukittinggi,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 5, no. 2, pp. 138–145, 2021, doi: 10.35145/joisie.v5i2.1717.
H. D. Hutahaean, “Penerapan Metode Best First Search Pada Permainan Tic Tac Toe,” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017, doi: 10.54367/means.v2i1.14.
K. Azizi, M. Rafi, and H. Fazlullah, “Penerapan Algoritma Best First Search Pada Sistem Pakar Untuk Menentukan Penyakit Pepaya Berbasis Web,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 2, no. Vol 4, No 2 (2020): InfoTekJar Maret: in PRESS, pp. 0–4, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/2344
M. Natsir, “Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Tourism Pada Dki Jakarta Berbasis Android,” Petir, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2019, doi: 10.33322/petir.v12i1.420.
P. W. P. Suta and I. G. A. O. Mahagangga, “Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat,” J. Destin. Pariwisata, vol. 5, no. 1, p. 144, 2018, doi: 10.24843/jdepar.2017.v05.i01.p26.
Idris, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website di Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala Idris,” J. Mediat. J. Media Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 17, no. 2, pp. 17–21, 2022.
F. Z. Imam Soleh Ma’rifati, “Pengembanganaplikasiinformasipariwisatayogyakartaberbasisandroidsebagai.”
G. Z. Karundeng, J. Titaley, and M. S. Paendong, “Sistem Informasi Objek Wisata Berbasis WEB di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” Pros. Semin. Nas. Sains Dan Terap., vol. 6, no. 6, pp. 121–126, 2022.
O. Yuliani and J. Prasojo, “Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd),” Angkasa J. Ilm. Bid. Teknol., vol. 7, no. 2, p. 149, 2017, doi: 10.28989/angkasa.v7i2.158.
M. Petrus Saptono, “Pengembangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Dalam Upaya Peningkatan Aksesibilitas Ukm (Desa Wisata) Kampung Pam Di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat,” J. Dedication to Papua Community, vol. 3, no. 2, pp. 220–230, 2020, doi: 10.34124/jpkm.v3i2.62.
C. A. Hutagalung and S. N. Rizki, “Pengembangan Aplikasi Ojek Online (BLOON) Berbasis Android Studi Kasus Provinsi Bengkulu,” Kesatria J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer dan Manajemen), vol. 5, no. 3, pp. 991–999, 2024.
A. Maulana, “Pemanfaatan Algoritma Generate and Test Dalam Kasus Travelling Salesman Problem Pencarian Jalur Terpendek,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 128, 2021, doi: 10.30865/json.v3i2.3617.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 bit-Tech
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to bit-Tech all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to bit-Tech from the date the article is accepted for publication. I also understand that bit-Tech, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that bit-Tech permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.