Design Thinking dalam Meningkatkan User Experience pada Website Edukasi Gizi Anak
DOI:
https://doi.org/10.32877/bt.v7i2.1824
Keywords:
Design Thinking, Gizi , Perancangan, Stunting, UI/UX
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir masalah stunting di Indonesia mencapai 21,6%, menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Penilitian ini akan berfokus pada pengembangan UI/UX website Nutrikids menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahap empathize dilakukan observasi, wawancara, dan survei kepada ibu-ibu muda untuk memahami kebutuhan pengguna. Tahap define dilakukan identifikasi masalah dan kebutuhan pengguna dari tahap emphatize. Setelah mengetahui masalah dan kebutuhan pengguna. Selanjutnya memasuki tahap ideate, ditahap ini mulai melakukan pembuatan kerangka dasar UI/UX dengan membuat user flow dan wireframe untung menggembangkan prototype. Selanjutnya melakukan pengembangan prototype yang mencakup fitur-fitur yang akan memudahkan orang tua dalam menncari asupan gizi anak. Prototype yang sudah dibuat selanjutnya ditest menggunakan usability testing yang melibatkan para orang tua dan ibu-ibu muda. Hasil test menunjukan kepuasan yang cukup tinggi dengan rata-rata 77.6% terhadap lima aspek yang telah diuji. Saran yang diberikan para orang tua dan ibu-ibu muda kedmudian digunakan untuk menyempurnakan desain sebelum diterapkan secara penuh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua tentang pentingnya gizi seimbang melalui pendekatan teknologi yang dirancang dengan fokus pada desain UI/UX. Dengan desain yang intuitif dan ramah pengguna, aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kenyamanan serta kemudahan akses informasi kepada pengguna. Pada akhirnya, platform ini diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan dalam menurunkan angka stunting di Indonesia dengan membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi anak, sehingga mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.
Downloads
References
N. Rusliani, W. R. Hidayani, and H. Sulistyoningsih, “Literature Review: Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Balita,” Bul. Ilmu Kebidanan dan Keperawatan, vol. 1, no. 01, pp. 32–40, 2022, doi: 10.56741/bikk.v1i01.39.
K. R. Syukrina, Erika, and O. Hasanah, “Faktor-faktor yang Menyebabkan Stunting pada Balita: Sebuah Studi Literatur,” J. Med. Hutama, vol. 5, no. 02 Januari, pp. 3854–3867, 2024.
Ekayanthi D.W.N and Suryani P, “Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil,” J. Kesehat., vol. 10, no. 3, pp. 312–319, 2019.
Y. Rahma, D. Suhartini, and S. Maryana, “Aplikasi Panduan Gizi Makanan Balita Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 238, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1790.
D. P. Lestari, “Upaya Pencegahan Risiko Gizi Buruk pada Balita: Literature Review,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 1, p. 532, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i1.1828.
S. Prayatna et al., “Analisis Implementasi Program Dapur Sehat Atasi Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pagar Merbau,” vol. 1, no. 2, pp. 332–338, 2024.
N. Hakima, P. A. Pitria, and A. Salim, “Aplikasi Panduan Gizi Seimbang Berbasis Mobile Dengan Metode Lean Ux,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 21–32, 2023, doi: 10.24176/sitech.v6i1.9289.
J. Andry and M. Stefanus, “Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK Strada 2 Jakarta,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i1.1878.
D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
N. I. Assaufa and M. Arifin, “Perancangan UI/UX Aplikasi ‘BISA’ Dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 9, no. 2, p. 50, 2023, doi: 10.55635/jic.v9i2.174.
M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193
Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.
J. Informatika and U. Siliwangi, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MOBILE UNTUK PENCEGAH STUNTING PADA ANAK DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” vol. 8, no. 2, pp. 187–198, 2024.
F. Fadillah, M. A. Hafi, and G. Yudistira, “Desain UI/UX Aplikasi Kesehatan Dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 10, no. 1, p. 10, 2024, doi: 10.55635/jic.v10i1.201.
A. Z. Dhiaulhaq, R. Fauzi, and D. Pramesti, “Perancangan Desain Aplikasi Layanan Hukum pada Startup Halo Law Menggunakan Metode Design Thinking dan Scrum,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 3343–3361, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
F. C. Wardana, I. G. Lanang, and P. Eka, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, pp. 1–12, 2022.
S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 bit-Tech
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to bit-Tech all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to bit-Tech from the date the article is accepted for publication. I also understand that bit-Tech, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that bit-Tech permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.