Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode SAW

Authors

    Avi Meidyanto Putra Nugraha( 1 ) Imam Halim Mursyidin( 2 )

    (1) Universtitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
    (2) Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:


https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1608

Keywords:


Guru, Kinerja , Penilaian , Simple Additive Weighting , Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Penilaian kinerja guru merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Penilaian kinerja yang efektif tidak hanya dapat memotivasi guru untuk terus meningkatkan kualitas mengajarnya, tetapi juga membantu sekolah dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan serta memberikan penghargaan yang layak bagi mereka yang berprestasi. Proses penilaian kinerja guru di SMK Ki Hajar Dewantoro saat ini masih dilakukan secara manual seringkali menemui berbagai kendala, seperti subjektivitas dan inkonsistensi yang dapat menyebabkan penilaian kurang tepat dan mempengaruhi keputusan promosi atau penghargaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang mampu membantu manajemen sekolah dalam melakukan penilaian kinerja guru secara objektif.  Sistem ini memanfaatkan metode Simple Additive Weighting (SAW), dipilih karena kemampuannya dalam multi kriteria dan menghasilkan peringkat alternatif. Sistem yang dirancang melibatkan berbagai kriteria penilaian, antara lain absensi, jumlah mengajar, kedisiplinan, tugas tambahan, pengembangan profesi. Setiap kriteria diberi bobot berdasarkan tingkat kepentingannya, yang kemudian digunakan untuk menghitung skor akhir kinerja setiap guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAW dalam SPK memberikan hasil penilaian yang lebih objektif dan  mengurangi  risiko kesalahan perhitungan melalui proses otomatis berdasarkan rumus yang ditentukan. Untuk memastikan kehandalan dan akurasi sistem yang dikembangkan, Peneliti menguji dengan metode blackbox testing dengan hasail pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat berfungsi dengan baik dan memberikan hasil yang konsisten sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putra, R. A. E., & Nasir, M. (2021, November). Sistem Pendukung Keputusan Monitoring Perbaikan Motor Listrik Berbasis Mobile (Studi Kasus: Pt Pupuk Sriwidjaja Palembang). In Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS) (Vol. 3, No. 1, pp. 98-106).

Wijoyo, H. (2021). Teknik pengambilan keputusan. Insan Cendekia Mandiri.

Syarif, Muhamad. (2021). Analisis Metode Pengujian Perangkat Lunak Blackbox Testing dan Pemodelan Diagram UML pada Aplikasi Veterinary Services yang Dikembangkan dengan Model Waterfall. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol. 5, No. 2, Juli 2021.

Saputra, C. A. (2018). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Saw Pada Sman 15 Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(1), 75-80.

Kurnia Cahya Lestari, Arni Muarifah Amri. (2020). Sistem Informasi Akuntansi.Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Group on DSS (pp. 15- 32). Springer, Cham.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru | BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan . (2009, 20 Oktober). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru | BPK Perwakilan Provinsi SUMATERA SELATAN. https://sumsel.bpk.go.id/2009/10/20/peraturan-menteri-pendidikan-nasional-ri-no-16-tahun-2007-tentang-standar-kualifikasi-akademik-dan-kompetensi-guru.

Yuhefizaer. 2021. Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. AMIK BSI Yogyakarta. Vol. 3, No. 2

Fishburn, P.C., A Problem – multi of selection based methods,making decision attribute Black well Publishing, 1967.

Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e- commerce menggunakan Codeigniter. Kreatif. https://books.google.co.id/books?id=s4j% 5C_DwAAQBAJ

Mursyidin, I. H., & Rusdah, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Bantuan Bedah Rumah Pemkab Tangerang dengan metode AHP dan SAW. Mursyidin Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.3733

Amelia, & Suhendi, H. (2020). Aplikasi Absensi Pengenalan Wajah Berbasis Android System. Dengan Positioning Global 1(1), 18–24.http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/151

Irwanto. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol.12 No. 1, Februari 2021, 12(1), 86–107

Sandika, I. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Metode Rating Scale (Studi Kasus:Yayasan Mandiri Amal Insani).

Oktavia, A. V., & Gata, G. (2020). Penilaian Kinerja Guru Terbaik Pada Smk Putra Satria Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Idealis:Indonesia Journal Information System, 3(1), 314-321.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

[1]
A. M. P. Nugraha and I. Halim Mursyidin, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode SAW”, bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 174–183, Aug. 2024.

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1608
Abstract views: 29 / PDF downloads: 15