Sistem Informasi Supervisi Akademik untuk Sekolah Dasar di Kabupaten Kolaka
DOI:
https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1595
Keywords:
Akademik, Sekolah Dasar, Sistem Informasi, Supervisi Akademik, Whitebox
Abstract
Pendidikan Sekolah Dasar (SD) berkontribusi sebagai awal membangun kecedasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia , keterampilan untuk hidup dan kelanjutan pendidikan peserta didik. Untuk dapat menghasilkan siswa yang berkualitas, kualitas kinerja dari pendidik atau guru perlu diperhatikan. Penilaian Supervisi Akademik diawasi oleh pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan guna melihat hasil perkembangan kinerja guru yang di lakukan dua kali setiap tahun pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu membuat sistem informasi supervisi akademik sebagai sarana penilaian , pelaporan dan pengawasan kinerja akademik guru persemester. Di Kabupaten Kolaka terdapat 186 Sekolah Dasar, sedangkan khusus untuk sekolah dasar yang terdapat dikecamatan pomala berjumlah 17 Sekolah Dasar. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Adapun tahapan metode waterfall terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan implementasi. Pada sistem informasi supervisi akademik ini Kepala sekolah beranggung jawab dalam membuat jadwal, melakukan penilaian dan laporan hasil supervisi akademik. Guru dapat melihat jadwal dan hasil penilaian. Sedangkan Pengawas sekolah dapat melihat hasil penilaian dan grafik perkembangan kinerja guru. Pengujian yang dilakukan mengunakan metode whitebox dengan teknik basis path. Berdasarkan hasil pengujian whitebox diperoleh bahwa sistem informasi supervisi akademik memiliki tingkat resiko error menengah sebanyak 3.125 %, sedangkan tingkat resiko rendah sebesar 96.875%. maka ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi supervisi akademik memilki tingkat resiko error rendah terhadap error atau cacat program.
Downloads
References
M. Samiya’ And S. Muhammad, “Implementasi Model Supervisi Akademik Digital (E-Supervisi) Di Era Pandemi Covid-19,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., Vol. 10 No. 1, No. 1, Pp. 142-155, 2022.
Mansyur, “Supervisi Akademik Abstrak,” El-Idarah J. Manaj. Pendidik. Islam, Vol. 7, No. 2, Pp. 107-115, 2021.
N. Mawaddah, “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Upaya Membantu Management Of Education:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,” Manag. Educ. J. Manaj. Pendidik. Islam, Vol. 7, Pp. 1-8, 2021.
H. M. Jogiyanto, Analisis Dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi, 2017.
S. Dasar, “Hakikat Pendidikan Di Sekolah Dasar,” Pp. 1–36.
N. Aan Triadi, “Sistem Generate Surat Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi,” Bit-Tech(Binary Digit., Vol. 6, No. 3, Pp. 353–362, 2024, Doi: Https://Doi.Org/10.32877/Bt.V6i3.1228.
Y. Apriyani, M. W. Pertiwi, I. Amirulloh, And Y. S. Nurjanah, “Metode Weight Product Pada Mts Sa Miftahul,” Vol. 12, No. 3, 2024.
H. Sanoto, M. C. Paseleng, And D. Kusuma, “Sistem Informasi Manajemen Supervisi Akademik Berbasis Website Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah,” Aiti, Vol. 19, No. 1, Pp. 87–102, 2022, Doi: 10.24246/Aiti.V19i1.87-102.
E. Sany And S. Latief, “Membangun Aplikasi Supervisi Mutu Sekolah Melalui Kegiatan Supervisi Pendidik,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., Vol. 9, No. 2, Pp. 106–113, 2022, Doi: 10.24114/Jtikp.V9i2.37540.
A. Saputra, N. Ikhsan, And N. Arwandy, “Sistem Informasi Monitoring Kinerja Kepala Sekolah Dan Guru Pada Koordinator Wilayah Kecamatan Muara Kuang Berbasis Web,” Teknomatika, Vol. 12, No. 1, Pp. 59–70, 2022, [Online]. Available: Https://Ojs.Palcomtech.Ac.Id/Index.Php/Teknomatika/Article/View/570
R. Fitriawan, S. Nadriati, And Y. Muharmi, “Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis Web Di Smp Negeri 3 Kempas,” J. Pustaka Ai Pus. Akses Kaji. Teknol. Artif. Intell., Vol. 1, No. 1, Pp. 7–13, 2021.
H. S. Gilang Pralaya, “Sistem Penilaian Terhadap Kinerja Guru Berbasis Web (Studi Kasus:Smp Negeri 2 Sukodono),” Pubmedia Phys. Sci. Life Sci. Eng., Vol. I, No. 2, Pp. 1–15, 2024, Doi: Https://Doi.Org/10.47134/Pslse.V1i2.202.
Y. F. S. Johar Nur Iin, Nurtanzis Sutoyo, “Sistem Informasi Pembayaran Iuran Komite Sekolah Pada Sma Negeri 1 Kodeoha”.
Normah, B. Rifai, S. Vambudi, And R. Maulana, “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis Smote,” J. Tek. Komput. Amik Bsi, Vol. 8, No. 2, Pp. 174–180, 2022, Doi: 10.31294/Jtk.V4i2.
J. B. L. Sie, I. A. Musdar, S. Bahri, And T. Informatika, “Pengujian White Box Testing Terhadap Website Room,” No. 02, Pp. 45–57, 2022.
M. F. Londjo, “Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login,” Siliwangi Seri Sains Dan Teknol., Vol. 7, No. 2, Pp. 35-40, 2021, Doi:10.37058/Jssainstek.V7i2.4086.
R. D. Banker, S. M. Datar, And D. Zweig, “Software Complexity And Maintainability,” No. January 1989, Pp. 247–255, 1989, Doi: 10.1145/75034.75056.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 bit-Tech
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to bit-Tech all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to bit-Tech from the date the article is accepted for publication. I also understand that bit-Tech, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that bit-Tech permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.