Perancangan UI/UX Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mata Pelajaran Peminatan Siswa Baru dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1523
Keywords:
Design Thinking, Perancangan, Pemilihan Mata Pelajaran, Sistem Pendukung Keputusan, UI/UX
Abstract
Penelitian ini berupaya menjawab tantangan dalam pemilihan mata pelajaran peminatan bagi siswa baru SMA Negeri 3 Bangkalan. Menggunakan metode Design Thinking, penelitian ini berfokus pada pengembangan desain UI/UX untuk Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam memfasilitasi proses konseling. Desain Thinking menekankan pentingnya empati terhadap pengguna. Untuk itu, peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan guru BK dan siswa baru. Informasi yang didapat kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil analisis, peneliti selanjutnya memasuki tahap ideasi. Pada tahap ini dirancanglah user flow, sitemap, dan wireframe yang menjadi kerangka dasar untuk desain UI/UX. Untuk memastikan efektivitas dan kemudahan penggunaan, peneliti kemudian membuat prototipe SPK. Prototipe ini selanjutnya diuji melalui usability testing yang melibatkan tiga guru BK. Hasil tes menunjukkan respon yang sangat positif. Semua responden menyatakan "setuju" dan "sangat setuju" terhadap sepuluh aspek yang diuji dalam usability testing. Feedback yang diterima dari guru BK kemudian digunakan untuk menyempurnakan desain sebelum SPK diimplementasikan secara penuh. Diharapkan, desain UI/UX SPK yang dihasilkan dari penelitian ini dapat meningkatkan efektivitas dan kenyamanan penggunaan SPK. Pada akhirnya, SPK ini diharapkan dapat membantu siswa baru SMA Negeri 3 Bangkalan dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai pemilihan mata pelajaran peminatan. Dengan pemilihan yang tepat, siswa dapat menjalani pendidikan menengah atas dengan lebih optimal dan sesuai dengan rencana masa depan mereka.
Downloads
References
A. F. Nasution, “Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu Abdul Fattah Nasution,” J. Educ., vol. 05, no. 04, pp. 17308–17313, 2023.
A. Wahyudiono, “Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Tantangan Era Society 5.0,” Educ. J. J. Educ. Res. Dev., vol. 7, no. 2, pp. 124–131, 2023, doi: 10.31537/ej.v7i2.1234.
R. Pahlevi and W. Novianti, “Profil Pengambilan Keputusan Karier Peserta Didik Sma Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” J. Penelit. Bimbing. dan Konseling, vol. 9, no. 1, pp. 21–28, 2024, doi: 10.30870/jpbk.v9i1.24043.
L. Dewi, E. E. Rohaeti, and R. Irmayanti, “Layanan Bimbingan Karier Berbasis Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok Dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sma,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 5, p. 338, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i5.8394.
F. A. R. Seran, Y. P. K. Kelen, and D. Nababan, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Menggunakan Metode Weighted Product,” J. Tekno Kompak, vol. 17, no. 1, pp. 147–159, 2020.
M. Hakim and Rapiun, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Smk Negeri 1 Pringgabaya Menggunakan Metode Analytical Hierarchy (AHP),” J. Manaj. Inform. dan Sist. …, vol. 7, pp. 62–73, 2024, [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/1097%0Ahttps://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/download/1097/296
R. Fatullah, H. Hasanah, and D. Rizky, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Kuliah dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis Web pada SMAN 1 Kramatwatu,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 37–43, 2022, doi: 10.30591/smartcomp.v11i1.3096.
Ariani Susanti, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Siswa Sma Negeri 2 Kutacane Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Multimed. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 02, pp. 68–74, 2022, doi: 10.54209/jatilima.v3i02.152.
R. Raswini, C. Ramdani, and Y. D. Prasetyo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 810, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4449.
S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
W. Andiani and A. Wahyui, “PERANCANGAN DESAIN UI / UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA WEBSITE PT . VIRAMA KARYA,” JASIKA (Jurnal Sist. Inf. Akuntansi), vol. 04, no. 01, pp. 1–10, 2024.
D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
I. A. Adha, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 bit-Tech
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to bit-Tech all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to bit-Tech from the date the article is accepted for publication. I also understand that bit-Tech, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that bit-Tech permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.