Metode Perancangan User Interface yang Paling Umum Digunakan: Systematic Literature Review

Authors

    Siti Faridha( 1 ) Safina Yulianti( 2 ) Yuni Sugiarti( 3 )

    (1) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    (2) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    (3) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:


https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1467

Keywords:


Design Thinking, Goal Directed Design, System Literature Review, User Centered, User Interface

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah memicu munculnya berbagai aplikasi mobile dan website yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pekerjaan manusia. User Interface (UI) adalah elemen penting yang menghubungkan pengguna dengan sistem secara langsung, sehingga pengembangannya harus mempertimbangkan kenyamanan, kemudahan, dan pengalaman pengguna yang menyenangkan. UI yang baik akan meningkatkan kenyamanan pengguna dan memperpanjang waktu penggunaan aplikasi, sementara UI yang buruk dapat membuat pengguna beralih ke aplikasi lain yang lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode yang paling umum digunakan dalam perancangan UI melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR), dimana penelitian SLR ini memberikan jawaban yang komprehensif dan objektif atas pertanyaan peneliti yang telah ditetapkan sebelumnya, dan menganalisis pertanyaan yang sudah ditetapkan pada setiap jurnal yang di-review. Metode dari berbagai jurnal yang dikaji meliputi Design Thinking, Goal Directed Design (GDD), dan User Centered Design (UCD). Setiap metode memiliki fokus, tahapan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Hasil penelitian menggunakan pendekatan SLR menunjukkan bahwa metode yang paling umum digunakan adalah User Centered Design karena memiliki pendekatan dengan analisis data dan pengujian terhadap permasalahan pengguna, yang didasarkan pada pengalaman sebelumnya. Kemudian disusul oleh penggunaan metode Design Thinking dan Goal Directed Design. Pemilihan metode penelitian user interface dilakukan berdasarkan tujuan dan konteks penelitian yang ingin dicapai. Kombinasi dari beberapa metode memiliki peluang dalam mengoptimalkan hasil penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Nurul Azizah, M. Gito Resmi, dan S. Alam, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo),” J. Mnemon., vol. 6, no. 1, hal. 71–76, 2023, doi: 10.36040/mnemonic.v6i1.5711.

R. Maulina, I. I. Hidayat, R. Sataria, S. Wahyuni, A. Dumyati, dan M. R. Pribadi, “Pembuatan User Interface Layanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, hal. 413–420, 2022.

N. P. A. Mentayani, I. P. Satwika, I. G. A. Pramesti Dwi Putri, A. . I. I. Paramitha, dan T. Tiawan, “Analisis Dan Perancangan User Interface Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa STMIK Primakara Berbasis Web,” Technomedia J., vol. 7, no. 1, hal. 78–89, 2022, doi: 10.33050/tmj.v7i1.1850.

H. Sandy, P. Putra, A. Meiriza, N. R. Oktadini, dan P. E. Sevtiyuni, “Penerapan Goal Directed Design dalam Perancangan Ulang User Interface pada Admin Marketplace BUILD ID,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 1, hal. 310–318, 2023, doi: 10.47065/josh.v5i1.4183.

J. Jispendiora et al., “SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ( SLR ):Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar,” J. Ilmu Sos. Pendidikan, dan Hum., vol. 2, no. 1, hal. 209-219, 2023.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, dan A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, hal. 208, 2020, doi:10.51920/jd.v10i2.171.

U. Dirgantara, M. Suryadarma, dan U. C. Design, “Penerapan Metode Ucd (User Centered Design) Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Koperasi Karyawan Air Timur Jakarta (Kopkar-Atj),” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 10, no. 2, 2014, doi: 10.35968/jsi.v10i2.1082.

M. Multazam, I. V Paputungan, dan B. Susanto, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan Pendekatan User Centered Design,” Univ. Islam Indones., vol. 1, hal. 1–8, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15528/10233

T. U. Kulsum, F. M. Al Anshary, dan R. Fauzi, “Perancangan Desain Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Helpmeong Bagi Adopter Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 1, hal. 27–39, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i1.3298.

O. M. Firli, I. Sukoco, dan A. Muftiadi, “Penerapan Design Thinking Dalam Inovasi Tempat Bertransaksi Jual Beli Barang Pada Toko Online Thrifter.Things,” Entrep. J. Bisnis Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, hal. 288–292, 2021, doi: 10.31949/entrepreneur.v2i2.1169.

Barbara Kitchenham, “Procedures for Performing Systematic Reviews,” Keele Univ. Tech. Rep., vol. 33, no. 2004, hal. 1–26, 2014, [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/228756057

N. Putra Christover Sitorus, I. Jaelani, dan Y. Muhyidin, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Penjualan Furniture Interior & Build Pada Toko Stepline Menggunakan Metode Goal Directed Design (Gdd),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, hal. 2578–2584, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i4.7024.

F. Asharudin, S. Supriatin, Nur’aini, dan A. D. Sidik, “Penerapan Design Thinking Dalam Perancangan User Interface Website Smarteye Virtual Convention Center,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 1, hal. 274–282, 2023, doi: 10.33022/ijcs.v12i1.3158.

J. M. Putri, E. Krisnanik, H. Nurramdhani, T. Tjahjanto, dan D. Mahdiana, “Analisis dan Perancangan User Interface dan User Experience BNI Life Mobile dengan Metode User Centered Design,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 18, no. 1, hal. 34, 2022, doi: 10.52958/iftk.v17i4.4319.

R. Kurniawan dan D. Prananda Putra, “Perancangan User Interface Sistem Kredit Aktivitas Mahasiswa STMIK ‘AMIKBANDUNG’ Berbasis Website Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, hal. 23–30, 2022, doi: 10.47292/joint.v4i1.77.

Mohammad Reza Saputra dan Mia Kamayani, “Evaluasi dan Perancangan User Interface dan User Experience pada Aplikasi Golden Rama,” J. Tek. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 1, hal. 8–13, 2022, doi: 10.22236/jutikom.v1i1.8738.

F. Natsir dan R. A. Sihombing, “Penerapan Metode User Centered Design pada Rancangan User Interface Marketplace Pemasaran Produk Olahan Perikanan,” J. Pract. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, hal. 56–63, 2022, doi: 10.37366/jpcs.v2i2.1472.

I. Darmawan, M. S. Anwar, A. Rahmatulloh, dan H. Sulastri, “Design Thinking Approach for User Interface Design and User Experience on Campus Academic Information Systems,” Int. J. Informatics Vis., vol. 6, no. 2, hal. 327–334, 2022, doi: 10.30630/joiv.6.2.997.

Y. Indah Hasari, A. Febriansyah, dan Z. Septia Anzana, “Penerapan Metode User Centered Desain Pada Perancangan Interface Aplikasi Pemesanan Dan Pembayaran Tiket Bioskop Berbasis Mobile,” J. Siliwangi Seri Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, hal. 2–8, 2022, doi: 10.37058/jssainstek.v8i2.6254.

Y. Athallah Puteri, D. Aulia, dan A. A. K. Sari, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Online Course,” J. Siliwangi Seri Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, hal. 60–65, 2022, doi: 10.37058/jssainstek.v8i2.6280.

A. F. A. Lestari, A. Wijaya, R. Fahrudin, dan K. Kusnadi, “Perancangan Desain User Interface (UI) pada Website Cirebon Media dengan Metode User Centered Design (UCD),” J. Graf., vol. 1, no. 1, hal. 76–85, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/article/view/73%0Ahttps://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/article/download/73/67

F. W. Kardbri, D. J. S. Suwawi, dan A. Herdiani, “Perancangan User Interface Fitur SAN Class untuk Guru pada Aplikasi SANEDU Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” eProceedings Eng., vol. 8, no. 1, hal. 836–851, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/14328/14112

E. R. Subhiyakto, Y. P. Astuti, dan L. Umaroh, “Perancangan User Interface Aplikasi Pemodelan Perangkat Lunak Menggunakan Metode User Centered Design,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 145–154, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i1.4266.

R. R. Marbun, F. Al Mufied, dan R. Fauzi, “Perancangan User Interface/User Experience (Ui/Ux) Website Helpmeong Untuk Shelter Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 4, hal. 1096–1109, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i4.3190.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

[1]
S. Faridha, S. Yulianti, and Y. Sugiarti, “Metode Perancangan User Interface yang Paling Umum Digunakan: Systematic Literature Review”, bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 58–67, Aug. 2024.

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1467
Abstract views: 141 / PDF downloads: 114