Perancangan Marketplace untuk Second Brand dengan Metode Pengujian ISO 25010

Authors

    Ganda Ferry( 1 ) Ardie Halim Wijaya( 2 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1415

Keywords:


ISO 25010 , Marketplace, Second brand, Thrifting, Website

Abstract

Dengan semakin pesatnya perkembangan sistem teknologi informasi dimasa sekarang membuat hampir semua kegiatan jual beli yang dulunya hanya secara tradisional sekarang pun dapat dilakukan secara online, seperti semakin maraknya marketplace yang bermunculan yang membuat kegiatan jual beli jauh lebih mudah untuk dilakukan.  Permasalahan yang terjadi sekarang ini dalam dunia second brand adalah kegiatan jual beli yang dilakukan masih secara tradisional yaitu dengan cara datang ke pasar atau ke toko khusus second brand, yang membuat para konsumen yang ingin melakukan kegiatan jual beli menjadi harus pergi jauh untuk melakukan kegiatan thrifting. ISO 25010 merupakan salah satu teknik analisa data yang bertujuan untuk menentukan kualitas dari sebuah sistem yang dibuat berdasarkan kriteria yang sudah tersedia agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka diusulkan skripsi yang berjudul “ANALISIS DAN PERANCANGAN MARKETPLACE UNTUK SECOND BRAND DENGAN METODE PENGUJIAN ISO 25010”. Tujuan pengusulan skripsi ini adalah membatu para pembeli yang berlokasi jauh dari pasar atau toko khusus barang second brand agar bisa berbelanja melalui website dan membantu penjual untuk menaikan pendapatan mereka tidak hanya dari toko offline saja. Penelitian ini menggunakan metode pengujian ISO 25010 dengan menghitung nilai dari functional suitability, usability dan performance efficiency, untuk menentukan apakah sistem sudah layak untuk diluncurkan ke publik, metode ini dipilih karena pengujian ISO 25010 memiliki karakteristik yang diperlukan dari penetuan kelayakan dari sebuah sistem. Pengujian yang dilakukkan  dari 20 responden penjual dan juga pembeli second brand mendapatkan kesimpulan bahwa dikatakan layak dengan nilai  fucntional suitability sebesar 75%, usability 74%, performance efficieny 67%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Anggraeni and I. Elan Maulani, “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern,” J. Sos. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 94–98, 2023, doi: 10.59188/jurnalsostech.v3i2.635.

N. Ratama, Munawaroh, and S. Mulyati, “Sosialisasi Penggunaan E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis di Era Digital,” Abdi J. Publ., vol. 1, no. 1, pp. 6–12, 2022.

I. Mahuda, A. C. Kusuma, and R. Meilisa, “Pengenalan Dan Pendampingan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Lialang-Serang,” Indones. J. Engag. Comunity Serv. Empower. Dev., vol. 1, no. 1, pp. 50–59, 2021.

Husni Awali, “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19,” Balanc. J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 1, p. 2, 2020.

Sidiq R, “Naskah Publikasi Implementasi Marketplace Jual Beli Barang Bekas Menggunakan Model Customer To Customer Pada Daerah Istimewa Yogyakarta Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi Dan Elektro Universitas Teknologi Yogyakarta 2020,” pp. 1–15, 2020.

R. Widyanti, “Pengaruh Marketplace Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UKM (Studi Pada UKM Di Daerah Istimewa Yogyakarta),” Pengaruh Marketpl. Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UKM (Studi Pada UKM Di Drh. Istimewa Yogyakarta), vol. 9, no. 1, pp. 1–14, 2019.

D. Andika, “Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 24–29, 2021.

R. A. Sihombing, H. Lubis, and M. Elsera, “Sistem Informasi Penjualan Preloved Fashion,” Djtechno J. Inf. Technol. Res., vol. 2, no. 2, pp. 183–190, 2021.

G. GAFARA, “No Title,” A Br. Hist. Thrifting, 2019, [Online]. Available: https://ussfeed.com/a-brief-history-of-thrifting/pop-culture/

N. U. Hartati Rismauli, “Jurnal Pendidikan dan Konseling ” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 1349-1358, 2022.

S. Purnomo, P. Widyaningsih, and I. Oktaviani, “Perancangan Aplikasi E-Marketplace Pada UMKM Desa Bakalrejo Berbasis Web,” J. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 12–18, 2022.

M. O. Pasaribu et al., “Analisis Risiko Operasional Berbasis Pendekatan Enterprise Risk Management Pada Usaha Thrift Online Yodhsi Fashion Cirebon,” vol. 2, no. 2, 2024.

W. Oktavia and A. Sucipto, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan (Studi Kasus: P3I Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 8–14, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

R. Setyowati, U. Gunadarma, U. C. Abditama, and T. Banten, “Analisis Aplikasi Ujian Berbasis Komputer Berdasarkan Model ISO 25010 dengan Metode AHP di SMKN 8 Kota Bekasi,” J. Ilm. Komputasi, vol. 20, no. 1, pp. 129–142, 2021, doi: 10.32409/jikstik.20.1.373.

M. S. Lamada, A. S. Miru, and R.- Amalia, “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010,” J. Mediat., vol. 3, no. 3, 2020, doi: 10.26858/jmtik.v3i3.15172.

A. Nandita Ashari and R. Mutu Munikam, “Analisa dan Perancangan Marketplace Bahan Bangunan Berbasis Website,” (Jurnal Sist. Inf. Dan E-Bisnis), vol. 1, no. 3, pp. 1–9, 2019.

J. Jtik, J. Teknologi, M. Ridwan, and I. Fitri, “Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle ( SDLC ) dengan Model Waterfall,” vol. 5, no. 2, 2021.

A. M. Ardi, A. Fenty, and L. Lathifah, “Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Menggunakan Metode Pengujian Iso 25010 (Study Kasus:Pt Mutiara Ferindo Internusa),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 4, no. 3, pp. 326-334, 2023, doi: 10.33365/jatika.v4i3.3721.

B. Devi, A. 1, S. Fadli, and W. Murniati, “Analisa Website Desa Darmaji Menggunakan ISO/IEC 25010 (Studi Kasus:Website Desa Darmaji),” J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 2, pp. 7454-7465, 2024.

A. Surachman, P. Studi, and T. Informatika, “PADA PENJUALAN ONLINE,” vol. 8, no. 3, 2024.

E. Listiyan and E. R. Subhiyakto, “Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Di Cv. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 74–82, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i1.4272.

G. T. Athur, “Analisis Dan Rekomendasi Sistem E Tilang Sits Dishub Kota Surabaya Menggunakan Framework Iso 25010,” Skripsi, no. April 2020, pp. 1–77, 2019, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38961%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/38961/2/Galuh Thirta Al Athur_ H76215034.pdf

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

[1]
G. Ferry and A. Halim Wijaya, “Perancangan Marketplace untuk Second Brand dengan Metode Pengujian ISO 25010”, bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 28–36, Aug. 2024.

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1415
Abstract views: 12 / PDF downloads: 6